by

7 Cara Mudah Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

BandungKita.id, HEALTH – Apakah saat ini Anda sedang menjalani program penurunan berat badan? Apakah Anda rutin menjadwalkan untuk olahraga? Jika ya, berhasilkah cara Anda?

Terkadang kita sudah berusaha keras untuk menurunkan berat badan, seperti rutin melakukan olahraga kardio, namun untuk turun 1 kg saja rasanya sulit. Wajar jika banyak orang mencari berbagai cara menurunkan berat badan tanpa olahraga.

Padahal kita merasa energi sudah terkuras habis, mengapa timbangan tak kunjung berkurang? Jika ada cara menurunkan berat badan tanpa olahraga, Anda pasti ingin mencobanya, bukan?

Olahraga memang memakan waktu, belum lagi aktivitas sehari-hari sudah membuat Anda lelah. Komitmen untuk rutin berolahraga pun menjadi sirna. Lalu, adakah solusi lain untuk menurunkan berat badan?

Bagaimana cara menurunkan berat badan tanpa olahraga?

Memang berat badan Anda tidak akan serta merta mengalami penurunan yang drastis. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga, beberapa cara berikut ini bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan seperti dikutip BandungKita.id dari situs hellosehat.com :

  1. Minum air putih lebih sering
Ilustrasi minum air putih (foto:net)

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga adalah dengan meminum air putih sebelum makan. Ini dapat membuat Anda memakan sedikit kalori. Dehidrasi juga dapat memicu rasa lapar, sebab saat dehidrasi, otak kebingungan menangkap sinyal tubuh, sehingga diterjemahkan sebagai rasa lapar.

Meminum sekitar 0,5 liter air setengah jam sebelum makan, dapat mengurangi rasa lapar. Partisipan dari penelitian yang melakukan cara ini, berat badannya turun sekitar 44% dalam 12 minggu dibandingkan dengan yang tidak melakukan cara ini. Usahakan yang dikonsumsi adalah air putih, hindari minuman manis.

  1. Ubah porsi makan menjadi lebih sedikit
Ilustrasi porsi makan sedikit (foto:net)

Awalnya memang akan sulit. Namun ketika Anda berhasil, maka Anda akan terbiasa dengan porsi sedikit tersebut. Jika Anda terbiasa dengan porsi banyak, Anda akan terdorong untuk memakan porsi lebih besar ketika lapar. Porsi makan yang besar juga akan menimbulkan risiko obesitas.

  1. Mengunyah makanan pelan-pelan

Otak butuh waktu untuk memproses apa yang akan kita kerjakan. Begitu juga ketika makan, otak harus memproses bahwa kita sudah cukup kenyang untuk berhenti makan.

Mengunyah makan pelan-pelan, merasakan rasa makanan tersebut, lalu menelannya dapat membuat kita sadar bahwa kita sedang makan.

BACA JUGA :

Waspada! Ini 6 Bahaya Jika Terlalu Sering Mengonsumsi Gorengan

6 Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan Tubuh, Ikuti Tipsnya Berikut Ini

Ingin Menurunkan Berat Badan, Sebaiknya Sarapan atau Tidak Ya? Ini Penjelasannya

Jika Dilakukan Secara Rutin, 4 Jenis Olahraga Ini Efektif Menurunkan Berat Badan

Anda mungkin sering marasa tidak benar-benar sadar ketika Anda sedang makan karena otak berkelana memikirkan pekerjaan, tugas sekolah, tugas di rumah, dan masih banyak lagi. Sehingga, otak tidak memiliki waktu untuk memproses bahwa kita sudah kenyang.

Menguyah makanan pelan-pelan dapat meningkatkan rasa kenyang, selain itu makanan juga dapat dicerna dengan baik oleh enzim-enzim yang berada di mulut. Kalori yang masuk pun menjadi lebih sedikit.

Ulasan dari 23 observasi penelitian yang dikutip Authority Nutrition, menemukan bahwa pemakan cepat lebih mudah berat badannya naik, jika dibandingkan dengan pemakan santai.

  1. Konsumsi banyak protein
Ilustrasi makanan mengandung protein (foto:net)

Protein memiliki fungsi untuk meningkatkan perasaan kenyang, sehingga dapat membantu Anda untuk memakan sedikit kalori. Hormon ghrelin – hormon yang menstimulasi rasa kenyang – dan GLP-1 dapat dirangsang oleh protein.

Berdasarkan penelitian yang dikutip oleh Authority Nutrition, partisipan terbantu untuk memakan 441 lebih sedikit kalori per hari dan dapat menurunkan berat badan sekitar 4 kg dalam 12 minggu, tanpa membatasi apa pun, hanya dengan meningkatkan asupan protein 15% hingga 30%.

Anda bisa mendapatkan protein dari telur sebagai menu sarapan. Makan telur saat sarapan dipercaya akan membantu memasukan asupan kalori lebih sedikit untuk makan siang, bahkan sepanjang hari dan selama 36 jam ke depan. Protein juga dapat ditemukan pada dada ayam, ikan, Greek yogurt, dan kacang almond.

  1. Perbanyak makanan yang mengandung serat
Makanan mengandung serat (foto:net)

Cara menurunkan berat badan yang efektif adalah memperbanyak makan serat. Makanan yang kaya akan serat membantu Anda untuk merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama.

BACA JUGA :

5 Tips Cara Mencegah Kenaikan Berat Badan di Kantor

Simak Tips Turunkan Berat Badan dengan Berjalan Kaki

4 Kebiasaan Ini Efektif Menurunkan dan Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Ini Dia 6 Cara Aman Menurunkan Berat Badan Bagi Remaja, Dijamin 100 Persen Aman

Salah satu jenis serat, yaitu serat kental, dapat membentuk gel ketika terjadi kontak dengan air. Gel ini akan meningkatkan waktu untuk menyerap nutrisi dan memperlambat pencernaan, sehingga lambung tidak cepat kosong.

Serat kental ini dapat Anda temukan di sereal gandum, sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji rami. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkannya pada suplemen glucomannan.

  1. Jaga pola tidur dan hindari stres
Ilustrasi tidur (foto:net)

Ketika Anda kurang tidur, hormon leptin (hormon yang merangsang rasa lapar) dan hormon ghrelin menjadi terganggu. Sedangkan, stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol, hormon ini dapat mengganggu kerja hormon-hormon lain. Jika hormon-hormon tersebut terganggu, rasa lapar dan ngidam makanan pun menjadi meningkat.

  1. Aktif bergerak
Ilustrasi naik tangga di kantor (foto:net)

Siapa bilang membakar kalori hanya dengan olahraga saja? Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga bukan berarti Anda bisa tidak bergerak sama sekali.

Anda bisa membakar kalori hanya dengan membersihkan rumah, mengajak anjing Anda jalan-jalan, bahkan menaiki tangga.
Menurut fisiologi olahraga dan pelatih pribadi di Northem, California yang dikutip Prevention.com, “Nyalakan musik, tambahkan semangat yang membara, dan nikmati pergerakan Anda.”

Anda juga bisa pergi membeli makanan atau keperluan sendiri, tanpa meminta tolong pada orang. Membawa barang belanjaan Anda bisa menjadi olahraga ringan yang membakar kalori tanpa Anda sadari. Jika Anda harus pergi ke toilet, pilihlah toilet yang sedikit jauh, pun dengan memilih parkiran dan tempat makan.

Begitu juga ketika Anda harus pergi ke lantai atas yang terdekat di suatu gedung, mungkin Anda bisa gunakan tangga sebagai alternatif dibandingkan lift.(*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : hellosehat.com

Comment