3 Alasan Utama Pentingnya Pakai Masker Saat di Luar Rumah

BandungKita.id, BANDUNG – Mungkin Anda termasuk orang yang malas pakai masker saat bepergian. Memang, kadang pakai masker mulut bikin napas jadi tidak bebas dan terasa pengap. Namun, hal ini ternyata sebanding dengan manfaatnya. Ya, bukan sekadar gaya-gayaan, pakai masker saat bepergian itu penting. Kenapa penting?

  1. Mencegah infeksi menular

Bagi orang yang sedang mengidap penyakit pernapasan, memakai masker adalah hal yang sangat wajib. Misalnya, ketika Anda menderita influenza atau bahkan batuk, orang di sekitar Anda dapat tertular melalui udara.

Nah, saat bepergian ataupun sedang bersama orang lain, sangat disarankan untuk menggunakan masker mulut agar orang-orang tidak tertular penyakit Anda. Atau bisa juga sebaliknya, mengunakan masker mulut saat bepergian juga bisa membuat Anda terjaga dari penularan infeksi pernapasan dari orang-orang sekitar.

  1. Menjaga paru-paru dari polusi

Saat ini, udara sudah kotor tercemar polusi, apalagi bagi Anda yang tinggal di perkotaan. Nah, dengan menggunakai masker mulut saat bepergian ataupun berkendara, mencegah udara kotor masuk ke dalam pernapasan.

Masker bisa menyaring udara yang kotor tersebut sebelum terhirup oleh hidung Anda. Apabila Anda sering beraktivitas di luar dengan kendaraan bermotor, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan masker anti polusi agar paru Anda setidaknya lebih sehat dibandingkan orang yang tidak menggunakan masker. Nah, ini beberapa dampak jika Anda terlalu sering menghirup polusi udara.

BACA JUGA :

8 Langkah Mencuci Masker Kain yang Benar Menurut Dokter Cantik Reisa Broto Asmoro

Tekan Penyebaran Covid-19, Masyarakat Diminta Gunakan Masker Saat di Luar Rumah

Pemkot Bandung Terima Bantuan Masker dari Perusahaan Asal Cina

  1. Menghalangi sinar matahari

Nah, selain mengurangi peluang terpaparnya polusi, manfaat menggunakan masker juga bisa mencegah wajah terpapar sinar matahari saat berkendara. Terdapat banyak efek yang dapat Anda dapatkan jika terlalu sering terkena sinar matahari.

  • Kulit kemerahan
  • Dehidrasi
  • Kulit kering
  • Timbul rasa gatal pada wajah

Nah, setelah Anda mengetahui manfaat menggunakan masker saat berkendara dan bagaimana cara memakainya, sudah pasti Anda lebih berwaspada terhadap sekitar Anda. Dunia yang kita tinggali sekarang telah dipenuhi dengan polusi dan tidak sedikit orang yang terpapar penyakit karenanya. Oleh karena itu, kegunaan masker sangatlah penting untuk mengurangi peluang tersebut terjadi.

Selain menggunakan masker anti polusi, Anda juga harus menerapkan gaya hidup sehat dan mengingatkan keluarga dan teman Anda untuk memakai masker demi kesehatan mereka. (*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : hellosehat.com

Comment