by

Bukan Nasi atau Roti, Ini 6 Makanan Terbaik untuk Sarapan Pagi

BandungKita.id, HEALTH – Sarapan apa pagi ini? Kebanyakan orang Indonesia biasanya makan nasi atau roti untuk sarapan. Dua makanan ini dipilih karena terbukti ampuh membuat perut kita kenyang paling tidak sampai jam makan siang tiba.

Tapi menurut healthline.com, sarapan enggak boleh asal kenyang tapi juga harus sehat. Nah untuk kamu yang mau sarapan kenyang sekaligus sehat, coba deh ganti menu sarapanmu dengan tujuh makanan di bawah ini!

  1. Telur
Ilustrasi telur setengah matang (foto:net)

Murah, sehat, dan bisa diolah jadi berbagai makanan, siapa sangka jika telur juga sangat baik dikonsumsi di pagi hari. Telur kaya akan protein. Kuning telur mengandung antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang sangat baik untuk mata. Terakhir, telur mengandung vitamin D, A, dan vitamin B12 yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Oatmeal
Oatmeal dan madu lulur (foto:net)

Ketimbang nasi, sarapan semangkuk oatmeal jauh lebih sehat. Oatmeal terbuat dari 100% gandum utuh yang kaya akan serat, vitamin B, protein nabati, mineral, asam lemak omega-3, dan folat.

Dengan kandungan nutrisinya, mengonsumsi oatmeal dapat mengurangi kadar kolestrol yang jadi penyebab penyakit jantung. Cara membuatnya juga sangat mudah, karena kamu hanya perlu mencampur oat dengan air atau susu. Jangan lupa, tambahkan buah-buahan segar ya agar rasanya jadi lebih enak!

  1. Pisang
Ilustrasi pisang (foto:net)

Untuk kamu yang diet, pisang wajib masuk dalam daftar menu sarapan kamu setiap hari. Pisang mengandung resistant starch, karbohidrat baik yang dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Selain cocok dikonsumsi saat diet, buah kuning ini juga sangat ramah bagi para penderita hipertensi.

BACA JUGA :

Sehatkah Hanya Minum Susu untuk Sarapan? Ini Penjelasan Ahli Nutrisi

9 Menu Sarapan Pagi yang Anti Ribet dan Gampang Dibuat di Rumah

Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari, Sebaiknya Sarapan atau Mandi Dulu?

Ini Dia 5 Menu Sarapan Sehat yang Bisa Disiapkan dalam 5 Menit Saja

Pisang kaya akan potasium yang dapat menurunkan tekanan darah secara alami. Dan yang terpenting, buah pisang mengandung folat dan vitamin B6. Dengan terpenuhinya folat dan vitamin B6, tubuh bisa memproduksi seretonin yang dapat membuat mood kamu jadi lebih baik.

  1. Alpukat
Buah alpukat memiliki banyak manfaat, diantaranya bisa membuat perut buncit menjadi rata (foto:net)

Bisa dibilang, alpukat adalah buah favorit banyak millennials. Biasanya orang-orang mengonsumsi alpukat dengan roti.
Bukan tanpa alasan kenapa banyak orang, terutama anak muda menyukai buah satu ini. Alpukat mengandung lemak baik yang bagus untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Buah hijau ini mengandung vitamin B, dan yang terpenting rasanya juga enak!

  1. Chia Seeds
Chia seeds (foto:net)

Meski chia seeds berukuran kecil, tapi manfaatnya sangat besar. Chia seeds mengandung protein dan serat yang dapat membuat kamu kenyang lebih lama.

Manfaat lainnya yang tidak kalah penting yaitu antioksidaan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga kamu tidak mudah terserang penyakit. Biasanya chia seeds dijadikan taburan oatmeal atau smoothies buah.

Manfaat sehat chia seed yang terkenal antara lain meningkatkan energi dan metabolisme hingga melawan kanker payudara berkat kandungan asam lemak omega 3-nya. Chia seed juga makanan tinggi serat sehingga bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

  1. Berry
Ilustrasi blueberry (foto:net)

Secangkir buah berry dapat memenuhi 90% kebutuhan vitamin C untuk tubuh. Belum lagi kandungan antioksidaan yang tinggi, membuat siapa pun yang mengonsumsi buah-buah mungil ini terlindungi dari penyakit berbahaya seperti jantung.

Kamu bisa mengonsumsi buah ini dengan dimakan langsung, disantap bersama oatmeal, atau dicampur dengan buah lain untuk dijadikan smoothies. Apa pun menu sarapannya, pastikan kamu menambahkan buah berry dalam jumlah banyak agar tubuh kamu semakin aman, oke?

Yang namanya sarapan, memang harus kenyang. Tapi agar tetap sehat, kamu juga harus memastikan menu yang disantap ada gunanya untuk tubuh! Semoga bermanfaat. (*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : idntimes/ healthline.com

Comment