by

Bikin Ngantuk Seharian, Jangan Makan 6 Makanan Ini di Pagi Hari

BandungKita.id, TIPS – Merasa ngantuk pagi-pagi adalah hal yang wajar, apalagi kalau kamu baru bangun tidur. Tapi rasa ngantuk itu enggak bertahan lama. Setelah mandi dan minum kopi, rasa ngantuknya juga akan hilang.

Masalahnya mengusir ngantuk kadang tidak semudah seperti yang kita bayangkan. Ada waktu di mana kita merasa sangat mengantuk, bahkan meski sudah minum kopi sekalipun.

Menurut healthline.com, rasa kantuk bukan hanya disebabkan karena kita kurang tidur tapi juga disebabkan oleh makanan yang kita makan termasuk enam makanan di bawah ini. Apa saja? Simak yu ulasannya, berikut ini :

  1. Nasi putih
Ilustrasi nasi putih (foto:net)

Nasi menjadi menu sarapan kita setiap pagi. Tapi tahukah kamu, nasi putih tidak terlalu cocok untuk dikonsumsi saat sarapan. Dibandingkan dengan beras merah, nasi putih rendah serat, nutrisi, dan antioksidaan.

Kurangnya serat membuat indeks glikemiknya tinggi dan memicu naiknya gula darah dengan cepat. Pengaruh lainnya, mengonsumsi nasi putih akan membuat kamu mengantuk, tiga atau empat jam setelah mengonsumsinya.

  1. Dark chocolate
Ilustrasi cokelat (foto:net)

Siapa sih orang yang enggak suka makan cokelat? Rasa-rasanya hampir semua orang suka makanan manis satu ini. Tapi sesuka-sukanya kamu sama cokelat, kamu sebaiknya tidak mengonsumsinya dipagi hari.

Cokelat terutama cokelat hitam memang mengandung kafein, sayangnya jumlah kafein di cokelat tidak cukup banyak untuk membuat kamu terjaga. Sebaliknya, cokelat mengandung seretonin dalam jumlah banyak. Akibatnya kita akan merasa rileks dan akhirnya ngantuk jika jumlahnya terlalu banyak.

  1. Pisang
Ilustrasi pisang (foto:net)

Pisang memang buah yang sehat, tapi sebaiknya tidak dikonsumsi pagi-pagi. Penyebabnya tidak lain karena buah kuning ini mengandung kalium, dan magnesium yang akan berfungsi mengendurkan otot dan saraf agar tidak tegang.

Selain itu, sama seperti dark chocolate, pisang juga mengandung vitamin B6 yang akan diubah tubuh jadi seretonin. Dengan gabungan nutrisi di atas, mengonsumsi pisang dalam jumlah banyak akan membuat kita jadi lebih mudah mengantuk.

BACA JUGA :

Pakai Helm Full Face, Masih Perlukah Kenakan Masker? Ini Penjelasannya

4 Rutinitas Pagi yang Bisa Membuat Hari Kamu Lebih Produktif dan Ceria

Sehat Mana, Olahraga Lari di Pagi atau Sore Hari? Ini Jawabannya Menurut Penelitian

Bukan Nasi atau Roti, Ini 6 Makanan Terbaik untuk Sarapan Pagi

  1. Cherry

Kalau kamu mengalami masalah dengan tidur, kamu bisa mengonsumsi buah cherry atau mengolahnya menjadi jus. Buah mungil ini mengandung vitamin A, vitamin C, mangan, antioksidan, dan yang terpenting adalah melatonin yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Meski begitu, ada baiknya kamu tidak mengonsumsi cherry di pagi hari, karena itu akan membuat kamu menguap sepanjang hari.

  1. Kalkun

Kalkun mungkin bukan makanan yang umum di Indonesia, tapi tetap saja kamu seharusnya tidak mengonsumsi makanan ini pagi-pagi. Kalkun mengandung banyak protein berupa triptofan dan asam amino.

Ketika masuk ke perut, dua zat ini akan diolah menjadi seretonin dan melatonin. Enggak heran kalau banyak orang merasa lelah dan mengantuk setelah mengonsumsi kalkun.

  1. Kacang almond
Kacang almond (foto:net)

Mengonsumsi kacang almond setiap hari memang dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Ini karena kacang almond mengandung lemak tak jenuh, serat, dan antioksidaan. Meski sehat, kacang ini sebaiknya tidak dikonsumsi pagi-pagi. Kacang almond memiliki triptofan, dan asam amino yang menjadi bahan utama terbentuknya hormon tidur yaitu melatonin.

Enam makanan di atas memang bergizi, tapi kamu harus pintar-pintar memilih waktu yang tepat untuk mengonsumsinya. Salah-salah, enam makanan ini akan membuat kamu menguap terus.(*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : idntimes

Comment