4 Rutinitas Pagi yang Bisa Membuat Hari Kamu Lebih Produktif dan Ceria

BandungKita.id, HEALTH – Jika akhir-akhir ini Anda merasa produktivitas semakin menurun, sulit berkosentrasi, atau merasa sangat jenuh saat bekerja di siang hari, bisa jadi karena Anda belum siap seutuhnya untuk memulai aktivitas pada pagi harinya.

Memanfaatkan waktu dengan melakukan kebiasaan tertentu di pagi hari dapat membantu mempersiapkan tubuh dan pikiran Anda untuk menjalani aktivitas harian yang padat. Cobalah menerapkan rutinitas pagi yang berfokus meningkatkan kondisi kesehatan agar Anda lebih produktif setiap harinya.

Saat bangun kesiangan, Anda terpaksa harus mandi dan sarapan dengan terburu-buru. Memulai hari dengan perasaan negatif tentunya bisa membuat Anda kehilangan fokus saat bekerja dan semakin merasa stres dengan tekanan pekerjaaan.

Menjalani rutinitas sehat secara teratur di pagi hari dapat membantu menjaga kondisi kesehatan tubuh dan pikiran Anda agar lebih produktif seharian. Dalam keadaan sehat, seseorang bisa lebih optimal dalam menjalankan pekerjaan, termasuk mencapai target-target personal.

Pengaruh kebiasaan harian seperti aktivitas di pagi hari terhadap produktivitas dapat dijelaskan dalam teori kesehatan psikologi, self-efficacy, yaitu kepercayaan seseorang terhadap kemampuan diri dalam menghadapi tantangan dan menyelesaikan pekerjaan.

Ilustrasi berjemur (foto:net)

Ketika seseorang bisa menjalani hidup secara teratur (self-regulation) maka kepercayaan atas kemampuan dirinya akan meningkat.

Hasil studi yang dilakukan RAND Europe and the University of Cambridge juga menunjukkan karyawan memiliki performa kerja yang paling produktif dalam kondisi fisik dan psikologis yang sehat.

Penilaian kesehatan karyawan dalam studi ini diukur dalam indeks masa tubuh, gaya hidup, penyakit kronis, serta kondisi kesehatan mental. Sementara tingkat produktivitas ditentukan dengan perbandingan performa saat bekerja dalam kondisi sakit (presenteeism) dan bekerja saat sehat (absenteeism).

Rutinitas pagi yang bisa membuat Anda lebih produktif

Melakukan rutinitas pagi bukan berarti Anda harus banyak beraktivitas sebelum mulai bekerja. Salah-salah, Anda justru malah kehabisan energi.

Hal yang perlu diingat ketika hendak melakukan rutinitas sehat di pagi hari adalah tujuannya, yaitu membangun kepercayaan diri dan sikap positif. Hal ini mampu mendorong Anda untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik.

Lantas, rutinitas apa saja yang bisa Anda coba di pagi hari agar produktif seharian? Ini dia pilihannya:

  1. Bangun lebih awal

Bangun lebih pagi membuat Anda memiliki banyak waktu untuk memulai rutinitas pagi agar tetap produktif sepanjang hari. Namun, Anda tak diharuskan bangun terlalu awal atau bahkan sebelum matahari terbit.

BACA JUGA :

Kapan Waktu yang Tepat untuk Berjemur di Pagi Hari? Ini Jawabannya

Wajib Tahu! 8 Manfaat Hebat Bersepeda di Pagi Hari

Ini Dia 7 Manfaat Luar Biasa Minum Air Hangat di Pagi Hari

Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari, Sebaiknya Makan atau Mandi Dulu?

Jadwal bangun bisa disesuaikan dengan waktu berangkat bekerja. Setidaknya, berikan jeda yang cukup longgar agar Anda tidak terburu-buru. Cobalah bangun pada waktu yang sama setiap harinya untuk membantu menciptakan ritme atau pola tidur yang lebih teratur.

  1. Rileks sejenak untuk menjernihkan pikiran

Setelah bangun, Anda sebaiknya tidak langsung melakukan aktivitas berat yang mengeluarkan banyak energi. Termasuk dengan kegiatan yang membuat otak langsung bekerja keras, seperti mengecek sosial media, membalas email, atau membaca berita.

Menurut ahli penyakit dalam dari Rush University Medical Center, Dokter Maria Reyes, kegiatan ini bisa menaikkan tingkat stres Anda di pagi hari.

Untuk memulai hari dengan lebih positif, Anda perlu membuat tubuh rileks terlebih dahulu. Kegiatan meditasi sangat baik dilakukan untuk menjernihkan pikiran dan menghimpun ketenangan diri. Tak perlu waktu berjam-jam, meditasi cukup dilakukan selama 10 menit dalam rutinitas pagi agar Anda bisa lebih produktif seharian.

  1. Gerakan tubuh dengan sedikit olahraga
Ilustrasi olahraga di rumah (foto:net)

Berolahraga di pagi hari dapat meningkatkan jumlah pasokan oksigen ke dalam otak sehingga membuat Anda lebih mudah fokus dan mengendalikan stres. Olahraga yang baik dilakukan di pagi hari adalah jogging, bersepeda, atau berjalan selama 30 menit.

Akan tetapi, jika Anda tidak punya banyak waktu, Anda bisa melakukan kombinasi peregangan tubuh, pemanasan singkat, dengan loncat tali atau yoga di dalam rumah selama 7 menit.

  1. Minum air putih dan sarapan tinggi protein
Ilustrasi minum air putih saat bangun tidur (foto:net)

Kafein dalam kopi memang bisa membuat Anda lebih fokus untuk bekerja. Namun, satu rutinitas pagi yang juga tak boleh Anda lewatkan pada pagi hari agar tetap produktif adalah minum air putih.

Tidur menurunkan kadar air di dalam tubuh. Agar metabolisme kembali optimal, Anda perlu minum setidaknya 2 gelas air putih. Konsumsi air putih di pagi hari juga baik untuk menghilangkan sisa-sisa racun dalam tubuh.

Jika kebutuhan cairan tercukupi, lantas menu sarapan apa yang baik dikonsumsi? Mengonsumsi makanan kaya protein perlu menjadi bagian dari rutinitas pagi Anda agar dapat menyimpan energi lebih banyak untuk bekerja produktif nantinya. Protein sangat baik dalam melancarakan proses metabolisme tubuh.

Menu makanan untuk sarapan yang disarankan adalah telur, yogurt, gandum, dan kacang-kacangan.(*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : hellosehat.com

Comment