by

Kolesterol dan Darah Tinggi Karena Daging Kambing ? Berikut Fakta dan Cara Mengolahnya

BandungKita.id, HELATH – Daging kambing mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, lemak, kalium, zat besi, zinc, kalsium, selenium, fosfor, folat, vitamin B, vitamin K, dan vitamin E.

Kendati demikian, daging kambing merupakan sumber lemak jenuh, yang jika dikonsumsi terlalu banyak bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, seperti dilansir BandungKita.id dari Alo Dokter.

Penderita kolesterol tinggi mesti selektif dalam memilih makanan. Makanan tertentu, seperti jeroan dan daging kambing, mengandung kolesterol yang harus dibatasi asupannya.

Ada dua jenis kolesterol di dalam tubuh, yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik.

BACA JUGA :

Bingung Bagaimana Menghilangkan Aroma Tak Sedap pada Daging Kambing? Coba 5 Cara Ini

Resep Gulai Kambing yang Mudah dan Lezat Sajian Iduladha

Kolesterol disebut jahat karena jika kadarnya dalam darah berlebihan, dapat menyebabkan aterosklerosis atau penumpukan plak pada dinding pembuluh darah. Dampaknya, bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Sedangkan kolesterol baik dapat menghilangkan kolesterol buruk dari darah. Hal ini menjadikannya mampu mencegah penyakit jantung dan stroke.

Perlu diketahui, semua makanan hewani mengandung kolesterol. Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dinding sel, mendukung metabolisme, serta membuat berbagai hormon, seperti estrogen dan testosteron.

Mengonsumsi daging kambing tidaklah bermasalah, asalkan tidak secara berlebihan, Karena, kadar kolesterol setiap daging berbeda-beda dan kambing juaranya.

Cara Sehat Mengonsumsi Daging Kambing

Ilustrasi sup kambing. (net)

Agar mendapatkan asupan nutrisi makasimal dari daging kambing dan mengurangi kolesterolnya, maka perhatikanlah cara mengolah dan jumlah asupan daging kambing yang dikonsumsi.

Anda dianjurkan untuk mengolah daging kambing menjadi kambing panggang, bakar, atau sup supaya lebih sehat. Jangan digoreng, sebab kadar lemak jenuh dan kolesterol di dalam daging akan melonjak.

BACA JUGA :

Satgas Kurban Kota Bandung Temukan Banyak Hewan Dibawah Umur Dijual Murah

Simak! Tata Cara Berdo’a dan Niat Berkurban Saat Idul Adha

Sebelum mengolahnya, potonglah bagian lemak daging kambing. Anda juga bisa menambahkan sayuran dan buah-buahan yang dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol.

Konsumsilah daging kambing dalam takaran yang wajar. Namun jika terlalu gemar daging kambing atau jenis daging lainnya, Anda dianjurkan untuk rutin memeriksa kadar kolesterol tubuh.

Jika kadar kolesterol sudah tinggi, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. (*)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment