by

Inilah 9 Surga Tersembunyi di Bandung Barat, Wajib Banget Kamu Kunjungi!

BandungKita.id, TRAVELING – Kabupaten Bandung Barat merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Barat. Tentu yang paling terkenal adalah kawasan Lembang dengan banyak lokasi yang keren. Tapi, Bandung Barat juga punya banyak surga tersembunyi yang tak kalah memukau. Berikut telah BandungKita.id rangkum di antaranya :

1. Kesejukan dan Romantisme di Puncak Eurad Pingping

Puncak Eurad Pingping Lembang berada di area perbatasan antara Kabupaten Bandung Barat dengan Kabupaten Subang. Lokasinya yang berada di puncak bukit, menawarkan udara yang sejuk dan pemandangan hijau yang indah menjadi daya tarik tempat wisata ini.

Untuk sampai ke lokasi ini, kamu bakal melewati perkebunan teh dan hutan pinus. Semuanya indah dan fotogenik. Tempat ini sudah memiliki beberapa spot yang khusus dibuat untuk berfoto. Puncak Eurad juga sangat romantis untuk pasangan. Banyak spot yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat kenangan indah bersama.

Lokasi: Jalan Cibodas – Ciater, Wangunharja, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: Gratis

2. Green Canyon-nya Bandung BaratSungai Cikahuripan” 

Yang paling menarik di area sungai Cikahuripan adalah keberadaan tebing-tebing terjal yang berada di tepian sungai. Banyak yang menyamakan pemandangan di Cikahuripan ini dengan Grand Canyon di Amerika Serikat.

Aliran sungai Cikahuripan terbentuk dari anak Sungai Citarum Purba. Aliran airnya mengikis bebatuan hingga membentuk ngarai curam yang sangat instagenik. Airnya berwarna hijau kebiruan, dengan aliran yang beragam. Sebagian ada yang tenang layaknya sebuah kolam, sebagian lagi ada yang mengalir deras di antara bebatuan. Kamu juga bisa main air di sini karena airnya memang bersih.

Lokasi: Kampung Panyusupan, Desa Barangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: 10,000 IDR

BACA JUGA :

Yuk Traveling! ke Desa Mukapayung Cililin, Menikmati Wisata Curugan Gunung Putri

Berikut 5 Lokasi Wisata di Bandung, Bisa Anda Kunjungi di Masa New Normal

3. Sanghyang Heuleut dan Legenda Tempat mandi Bidadari

Banyak area di Indonesia yang memiliki legenda tentang bidadari yang turun dari kahyangan dan kemudian mandi di sebuah danau. Di Bandung Barat, danau itu bernama Sanghyang Heuleut. Danau kecil yang dikelilingi batu-batu raksasa ini memang terlihat sangat unik. Secara geologis, Sanghyang Heuleut tercipta akibat letusan Gunung Purba Sunda. Sumber air yang mengalir ke danau ini pun berasal dari aliran Sungai Citarum Purba.

Yang pertama bisa kamu lakukan di sini adalah menikmati keindahan danau dengan air berwarna biru kehijauan itu. Puas memanjakan mata, ganti kamera kamu yang beraksi, menangkap sebanyak mungkin foto indah di sana. Selanjutnya, kamu bisa bermain air sepuasnya. Terjunlah ke sejuknya air di Sanghyang Heuleut ini, tapi tetap perhatikan keamanan sendiri, ya!

Lokasi: Kampung Cipanas, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: 10,000 IDR

4. Niagara-nya Bandung BaratCurug Malela

Kontur Kabupaten Bandung Barat memang beragam, termasuk daerah pegunungan dan perbukitan. Di daerah seperti ini, normalnya ditemukan banyak air terjun indah. Di Bandung Barat. Air terjun terbesar yang bisa kamu temukan adalah Curug Malela. Air terjun ini bahkan mendapatkan julukan sebagai Niagara-nya Bandung Barat karena ukurannya yang luar biasa, meski tidak sebesar Niagara yang asli tentunya.

Air terjun ini lebarnya 50 meter, dengan ketinggian 70 meter! Debit airnya juga relatif stabil dengan air yang bening di musim kemarau. Untuk datang ke sini, dibutuhkan sedikit perjuangan dan usaha, mengingat jalan hanya bisa dilintasi sepeda motor dan dengan berjalan kaki. Namun, pemandangan indah sepanjang perjalanan bisa menjadi pengobat lelah kamu sebelum sampai dan mengagumi kemegahan Little Niagara ini.

Lokasi: Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: 10,000 IDR

5. Padalarang punya taman batu di bukitStone Garden”

Kembali menaiki bukit, kali ini kita hiking ke Cipatat. Di sini kamu akan menemukan batu-batu yang tercecer secara alami tetapi tetap terlihat artistik. Namanya juga Stone Garden alias Taman Batu, sudah pasti banyak formasi batu yang bisa kamu temukan di sini. Batu-batu itu tersusun secara acak dan bertebaran di tanah.

Yang membuat istimewa tentu saja adalah karena taman batu itu berada di puncak bukit. Jadi selain tamannya sendiri yang sudah indah, latar belakang pemandangannya juga memukau. Jadi kalau datang ke sini, siapkan fisik yang prima sekaligus memori yang besar di kamera. Kamu bakal bisa berfoto dengan background pemandangan yang luar biasa, terutama pada waktu matahari terbit dan tenggelam.

Lokasi: Gunung Masigit, Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: 10,000 IDR.

BACA JUGA :

Empat Desa Wisata Indonesia Masuk Top 100 Destinasi Berkelanjutan Dunia

Kementerian Pariwisata Dorong Pengembangan Wisata Halal di Bandung Barat

6. Gunung Bendera Padalarang, Bertemunya Kerinduan di Puncak Bukit

Masih bertema gunung dan mendaki, Gunung Bendera Padalarang menjadi destinasi selanjutnya. Gunung Bendera adalah tempat yang ramah terhadap semua pendaki, termasuk pemula. Jalurnya tidak terlalu berat dan perjalanannya juga tak makan waktu lama, sekitar satu jam. Perjalanannya menyenangkan dan puncaknya juga luas dengan ditumbuhi rumput hijau yang bikin betah.

Meski ketinggiannya ‘hanya’ 1403 mdpl, puncak Gunung Bendera Padalarang ini punya pemandangan yang luar biasa. Kamu bisa berkemah di puncak sambil melihat pemandangan.

Puncak Gunung Bendera namanya Puncak Rindu dan merupakan lokasi yang populer untuk berkemah. Selain hamparan hijau, pemandangan Kabupaten Bandung Barat kala malam juga tak kalah cantik. Bahkan saat mendung, kamu akan berada di atas awan.

Lokasi: Kampung Pojok Desa, Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat
Harga tiket: 5,000 IDR.

7. Ayo terbang di atas indahnya Bukit Gantole Cililin

Sesuai namanya, bukit ini memang menjadi landasan pacu untuk olahraga ekstrim paralayang. Bukan hanya untuk tujuan wisata, tempat ini juga menjadi venue resmi paralayang untuk PON XIX 2017 Jawa Barat. Jadi tempat ini memang memadai banget untuk kamu yang ingin mencoba sensasi terbang dengan paralayang.

Kamu bisa terbang tandem dengan didampingi pilot berpengalaman. Kamu tinggal menikmati terbangnya saja sambil merekam keseruan itu, sang pilot yang akan memastikan pengalaman terbangmu menyenangkan. Kalau kamu sedang tak mau terbang, kamu bisa berfoto dengan pemandangan ciamik di sini. Pengelola sudah menyediakan berbagai spot foto buatan juga biar hasil jepretanmu lebih keren.

Lokasi: Kampung Pasirpanjang, desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: 15,000 IDR

8. Batu cokelat dan gua purba di Sanghyang Kenit

Tempat ini adalah spot tersembunyi dari sungai Citarum Purba yang letaknya dekat dengan PLTA Saguling. Sanghyang Kenit pada dasarnya adalah aliran sungai yang dipenuhi dengan batu-batu cadas berwarna cokelat. Aliran airnya yang tenang menciptakan banyak kolam alami yang menyegarkan, kamu bisa nyemplung dan bermain air di sini. Tempat ini dikelola oleh warga sekitar sehingga sudah relatif teratur dan nyaman dikunjungi.

Di sisi kiri dan kanan sungai terdapat tebing-tebing cadas yang ditumbuhi pepohonan. Di salah satu sudut, kamu bisa menemukan gua purba dengan aliran sungai kecil di lantainya. Kamu bisa menjelajah ke dalam gua dengan dipandu oleh guide berpengalaman. Yang pasti, tempat wisata di Bandung Barat ini sangat eksotis dan bakal menghasilkan banyak foto keren.

Lokasi: Kampung Cisameng, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: 5,000 IDR.

9. Hiking seru di Gunung Putri

Satu lagi gunung yang bisa kamu taklukkan di Bandung Barat. Gunung Putri memiliki ketinggian 1.587 mdpl yang menjadikannya tempat ideal bagi para pendaki pemula. Waktu pendakian yang dibutuhkan untuk mencapai puncaknya juga sangat singkat, sekitar 30 menit saja. Tapi yang namanya berwisata, tak perlu dipaksakan. Berjalanlah sesuai kemampuan fisik kamu sambil mengagumi keindahan pemandangannya sepanjang jalur pendakian!

Nah, kalau sudah sampai di atas, kamu bisa menikmati hasil perjuanganmu. Pemandangan indah terhampar kemanapun mata memandang. Ini tempat yang pas untuk rileks dan berfoto. Selain itu, kamu juga bisa berkemah di sini, jadi silakan bawa tenda bagi yang berminat. Dengan bermalam di sini, kamu bakal punya kesempatan menyaksikan momen matahari terbit yang spektakuler.

Lokasi: Jalan Gunung Putri, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: 17,000 IDR.

Tertarik liburan dan wisata di Kabupaten Bandung Barat? Ayo tunggu apa lagi!? Mulailah petualanganmu!(*)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Sumber : tripzilla.id

Comment