by

Wisata Religi Bandung Selatan, Napak Tilas Makam Keramat Mbah Boyi di Pasir Gombong

BandungKita.id, Bandung – Kabupaten Bandung Barat memiliki sejumlah wisata ziarah yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya, yakni Makam Keramat Mbah Boyi yang terletak di Kampung Pasir Gombong, Desa Girimukti, Kecamatan Cipongkor.

Juru Kunci Makam, Saprudin mengatakan, Mbah Boyi semasa hidupnya merupakan pemuka agama di wilayah Kampung Pasir Gombong dan sekitarnya. Bahkan sebelum mensyiarkan agama Islam, Mbah Boyi sempat nyantri di Surabaya.

“Diusia yang masih belasan tahun, Mbah Boyi mendapat panggilan dari hatinya untuk belajar di salah satu Pondok Pesantren di Surabaya,” katanya, Jumat 11 Juni 2021.

Makam Mbah Boyi banyak dikunjungi para peziarah dari berbagai daerah di Indonesia

Sepulang dari nyantri tersebut, Mbah Boyi sempat menulis sebuah kitab tentang Syiar Islam dengan menggunakan huruf Arab di atas lembaran harupat atau bagian dari pohon aren. Sambung Saprudin, kitab itu pun hingga kini masih tersimpan rapi dan terjaga.

Baca Juga:

Menelisik Sejarah Gedung Radio Cililin Berusia 1 Abad Lebih

Keren! Tak Bergantung Pemda, Warga Desa Cicangkanghilir Bangun Destinasi Taman Wisata Air Secara Swadaya

Pansel JPT Umumkan Tiga Calon Sekda Kabupaten Bandung, Berikut Nama-namanya

“Kitab karya Mbah Boyi disimpan dengan baik, dan masih ada sampai sekarang,” ucapnya.

Dia menjelaskan pada hari-hari tertentu, Makam Keramat Mbah Boyi banyak diziarahi oleh ratusan orang yang berasal dari wilayah Bandung dan sekitarnya. Tak hanya itu, ada juga yang sengaja datang dari luar kota.

“Ada yang dari Garut, Cirebon dan daerah lainnya. Kesini sengaja datang ingin ziarah. Mereka tahu dari omongan orang yang pernah kesini,” katanya. (Faqih Rohman Syafei/BandungKita.id) ***

Editor: Agus SN

Comment