by

Jangan Lengah! Simak Tips Menjaga Anak dari Penularan COVID-19

BandungKita.id, Bandung – Lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia mencapai angka tertinggi. Berdasarkan data yang dihimpun dari laman resmi covid19.go.id, jumlah kasus positif COVID-19 mencapai 2.093.962 orang per tanggal 26 Juni 2021.

Sementara itu, berdasarkan data dari situs resmi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Indonesia, Jumat (25/6/2021) menyebut, sebanyak 12,6 persen anak-anak di Indonesia diketahui positif Covid-19.

Artinya, sekitar 1 dari 8 kasus Covid-19 di Indonesia sejak awal pandemi merupakan pasien anak-anak. Dari jumlah tersebut, 2,9 persen terjadi pada anak usia 0-5 tahun. Sedangkan 9,7 persen menimpa anak usia 6-18 tahun. Artinya dari dua juta kasus Covid-19 di Indonesia saat ini, ada sekitar 250.000 anak yang terjangkit Covid-19.

Melihat hal itu, para orangtua dianjurkan semakin ketat menjaga kesehatan anak dan melakukan upaya pencegahan agar terhindari dari Covid-19.

Baca Juga:

Kamu Harus Tahu! Ini Lima Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan

Prakiraan Cuaca untuk Wilayah Bandung dan Sekitarnya, Minggu 27 Juni 2021

Pasca PPKM Kembali, Sebanyak 50 Kafe dan Restoran di Kota Bandung Alami Penurunan Omzet


Salah satunya adalah memberikan perhatian lebih dan menghindari interaksi dengan lingkungan luar rumah.

“Mari bersama kita jaga anak Indonesia dengan penuhi hak anak untuk hidup, dan untuk sehat fisik mental demi masa depan yang lebh baik,” ungkap Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Aman Bhakti Pulungan seperti dikutip dari PMJNews, Minggu (27/6/2021).

“Kita hidup untuk apa? Untuk anak cucu kita. Jaga anak kita jangan sampai anak ada yang sakit,” sambungnya.

Tak hanya itu, Aman juga membagikan lima tips bagi para orangtua untuk menjaga anaknya dari penularan Covid-19 selama masa pandemi.

  1. Orangtua maupun pengasuh harus mendampingi anaknya saat menjalani aktivitas daring. Sebab kapan lagi orangtua bisa menyayangi dan memberikan perhatian kepada anak, sehingga masa pandemi COVID-19 bisa digunakan untuk mendampingi anak.
  2. Dilarang mengajak anak keluar rumah kecuali dalam keadaan darurat.
  3. Hindari anak berada di ruangan tertutup dengan ventilasi yang buruk saat harus beraktivitas di luar rumah.
  4. Untuk mencegah berbagai penyakit lainya, tetap lengkapi anak dengan imunisasi rutin.
  5. Pemerintah dan masyarakat berkerja sama melakukan pendampingan protokol kesehatan di tempat umum. (Agus SN/BandungKita.id)***

Editor: Agus SN

Comment