by

Kamu Harus Tahu! Ini Lima Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan

BandungKita.id, Bandung – Sejak dahulu kala madu memang dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki segudang manfaat.

Hal itu juga sudah dijelaskan dalam Al-Quran, Allah Swt dalam firman-Nya menjelaskan bahwa cairan yang dihasilkan dari lebah ini sangat baik untuk dikonsumsi.

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah; ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia,’ kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS. An-Nahl: 68-69).

Ayat di atas dengan tegas Allah menyebut bahwa di dalam madu terdapat obat bagi manusia. Oleh sebab itu, kita harus senantiasa memikirkan tanda-tanda keagungan-Nya melalui madu tersebut.

Oleh karenanya, madu dipercaya dapat meningkatkan stamina dan menjaga imunitas tubuh.

Salah satu jenis madu yang dinilai sangat baik untuk kesehatan adalah madu hitam. Jenis madu hitam biasanya dihasilkan oleh lebah hutan jenis Apis Dorsata yang menghisap nektar dari pohon mahoni sehingga warnanya cenderung lebih hitam dan pekat.

Madu hitam mempunyai ciri khas berwarna pekat dan rasa yang pahit. Kendati begitu, madu jenis ini tidak kalah berkhasiat.

Baca Juga:

Prakiraan Cuaca untuk Wilayah Bandung dan Sekitarnya, Minggu 27 Juni 2021

Pasca PPKM Kembali, Sebanyak 50 Kafe dan Restoran di Kota Bandung Alami Penurunan Omzet

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beragam manfaat madu hitam pahit bagi kesehatan.

Sebagai Antibiotik Alami

Madu hitam memiliki sifat bakteriostatik, istilah yang digunakan untuk menunjukkan adanya zat yang berfungsi sebagai penghambat laju aktivitas bakteri atau biasa disebut antibiotik.

Sebagai antibiotik alami, madu aman digunakan untuk mengobati penyakit infeksi ringan, seperti: sesak napas, sakit tenggorokan dan batuk.

Bantu Redakan Nyeri Sendi

Nyeri sendi akibat asam urat bisa disembuhkan dengan madu hitam. Sifat detoks (penetral racun) yang terkandung dalam madu juga dapat menetralkan zat purin, penyebab utama asam urat, yang dapat terurai dan mudah dikeluarkan oleh ginjal.

Bantu Sembuhkan Maag

Penderita sakit maag sering mengalami nyeri dan mual saat maag terjadi. Hal ini karena produksi asam lambung meningkat, sehingga perut menjadi kembung.

Mengonsumsi madu hitam secara rutin dipercaya dapat dengan cepat mengurangi dan menyembuhkannya bahkan dapat membuat pencernaan tubuh menjadi normal.

Baca Juga:

Sempat Jadi Ruang Isolasi COVID-19, Begini Nasib Masjid Ash-Shiddiq di Kompleks Pemda KBB

Innalilahi! Ternyata ini Alasan RSUD Cikalong Wetan Jadi RS Khusus COVID-19

Bantu Turunkan Kadar Gula Darah

Sebagaimana dilansir Health Benefits, manfaat kesehatan dari madu hitam yang mengandung kadar glukosa rendah dan alkaloid yang sangat tinggi merupakan kombinasi yang bagus untuk menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, penglihatan yang biasanya kabur bisa normal kembali, dan frekuensi buang air kecil di malam hari bisa sedikit berkurang.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Selain menjaga sistem imun tubuh, madu hitam juga dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit dengan cara sering dioleskan pada luka bakar. (Agus SN/BandungKita.id)***

Editor: Agus SN

Comment