Tutup Rangkaian Harhubnas 2021 Tingkat KBB, Dishub Gelar Funtrail Adventure

BandungKita.id, KBB – Rangkaian acara peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2021 tingkat Kabupaten Bandung Barat (KBB) ditutup dengan kegiatan Funtrail Adventure, Sabtu (18/9/2021).

Kegiatan ini diikuti sekitar 80 peserta yang berasal dari pegawai Dinas Perhubungan (Dishub), dan lintas organisasi perangkat daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, serta komunitas motor trail.

Selain itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan beserta sang istri Sonya Fatmala turut serta dalam kegiatan Funtrail Adventure. Kegiatan ini mengambil rute dari Kota Baru Parahyangan, Padalarang hingga berakhir di Bukit Senyum, Desa Cipada, Kecamatan Cikalong Wetan.

Kepala Dishub KBB, Lukmanul Hakim mengatakan, Dishub KBB menggelar rangkaian kegiatan dalam memeriahkan Harbubnas 2021. Mulai dari berbagi sembako ke sejumlah sopir angkot di tiga lokasi yakni Jalan Cihaliwung, Terminal Cimareme dan Terminal Lembang.

Kemudian, kegiatan vaksinasi massal yang diikuti sekitar 2.000 peserta untuk para pekerja transportasi dan masyarakat umum. Launching Aplikasi KIR Online Bandung Barat (AKURAT) berbasis android.

Sambungnya, dilanjutkan dengan Upacara Harbubnas 2021tingkat KBB di Balai Pengujian Kendaraan Bermotor (KIR) Bandung Barat dan ditutup dengan kegiatan Funtrail Adventure yang diikuti oleh puluhan peserta.

“Seluruhnya ada lima kegiatan yang Dishub KBB selenggarakan dalam rangka peringatan Harhubnas 2021,” ujarnya kepada BandungKita.id, Sabtu (18/9/2021).

Kegiatan Funtrail Adventure yang diselenggarakan Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat sebagai penutup dalam rangkaian Harhubnas 2021. (Foto: Faqih Rohman Syafei).

Lukman menerangkan, selain sebagai ajang memacu adrenalin, kegiatan Funtrail Adventure ini menjadi sarana untuk mengenalkan sejumlah jalur-jalur adventure yang ada di KBB. Tak hanya itu, ini juga ajang promosi destinasi wisata baru yang kini tengah dikembangkan Pemkab Bandung Barat.

“Ya untuk mengenalkan juga wisata di KBB. Ternyata wisata di KBB itu bukan hanya kawasan Lembang saja tapi juga ada yang lainnya sepertu Bukit Senyum ini,” katanya.

Ia menjelaskan, pada Harhubnas 2021 ini Dishub KBB terus melakukan sejumlah inovasi dan terobosan di tengah era digital. Salah satunya, yakni hadirnya aplikasi AKURAT yang memudahkan masyarakat dalam uji KIR.

AKURAT menjadi satu-satunya aplikasi uji KIR Online yang berbasis android di Indonesia, sehingga masyarakat tidak direpotkan lagi dengan pendaftaran manual.

“Cukup download aplikasi ini di Playstore. Sejak pertama daftar masyarakat langsung diberikan informasi soal kapan waktu pengujian KIR, kemudian virtual account untuk pembayaran yang bisa dilakukan via M-Banking, ATM, teller dan juga mini market,” ucapnya.

Kedepannya, lanjut Lukman digitalisasi akan dilakukan untuk pembayaran parkir dan retribusi terminal. Hal ini perlu dilakukan demi memberikan kemudahan kepada masyarakat.

“Sektor publik masih perlu digenjot lagi dengan teknologi infromasi sebagai metode cara meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memberikan kemudahan dan kedekatan dengan masyarakat,” katanya.

BACA JUGA:

Wujudkan Masyarakat KBB Bebas COVID-19, Dishub KBB Berikan 2000 Dosis Vaksin Secara Gratis

Sisihkan Tukin untuk Sesama, Dishub KBB Bagikan 200 Paket Sembako untuk Pengemudi Angkutan Umum

Mudahkan Masyarakat Daftar KIR Online, Dishub Bandung Barat Hadirkan AKURAT

Sementara itu, Perwakilan Komunitas Bandung Barat Trail Adventure (BARATA), Abah Boncel mengaku sangat senang bisa dilibatkan dalam kegiatan Funtrail Adventure yang diselenggarakan oleh Dishub KBB.

Menurutnya, kegiatan semacam ini mendekatkan masyarakat dengan unsur pemerintahan sehingga bisa terjalin kerjasama demi kemajuan KBB.

“Acaranya sangat bagus. Mudah-mudahan Dishub kedepannya semakin bagus,” ujarnya.

Ia menambahkan, jalur adventure di KBB merupakan salah satu yang terbaik di wilayah Jawa Barat. Sehingga diharapkan, melalui kegiatan semacam ini bisa semakin dikenal oleh masyarakat.

“Sebetulnya di Bandung Barat mah bagusan disini (Bukit Senyum) banyak lewat sini semua. Banyak juga tantangan ekstremnya di Bandung Barat,” pungkasnya. (Faqih Rohman Syafei/BandungKita.id) ***

Editor: Faqih Rohman Syafei