by

Dokumen Terbakar, Gedung DPRD Jabar Diminta Audit

BandungKita.id, KOTA BANDUNG – Kebakaran yang menghanguskan sebagian berkas di ruang arsip lantai 3 Gedung DPRD Jawa Barat pada Minggu (21/8/2022) memicu spekulasi dari berbagai pihak. Gedung DPRD Jabar pun diminta audit guna memastikan penyebab kebakaran tersebut.

Menurut Wakil Ketua DPRD Jabar, Oleh Soleh, audit secara menyeluruh harus dilakukan untuk gedung wakil rakyat tersebut. Terlebih kebakaran tersebut diklain Sekretaris DPRD Jabar akibat adanya arus pendek listrik.

“Saya sudah suruh mengaudit secara keseluruhan dan mengaudit juga soal Gedung DPRD (Jabar), baik sisi jalur kabel listrik maupun struktur bangunan,” kata Oleh saat on air di Radio PRFM, Minggu (21/8/2022).

Oleh mengaku khawatir jika musibah tersebut kembali terjadi disaat hari kerja atau para wakil rakyat tersebut tengah menjalankan tugas.

“Karena ini jadi penting sekali, jangan sampai saat kami bekerja di kantor, kebakaran terjadi kembali,” cetus Oleh.

Oleh mengaku menerima laporan penyebab kebakaran tersebut dikarenakan arus pendek. Sehingga dokumen tahun 2022, 2021 dan sebagian 2022 yang berada di ruang arsip hangus dilahap si jago merah.

“Arsip yang terbakar itu adalah arsip tahun 2020, kemudian 2021, kemudian juga sebagian 2022,” jelasnya.

Sementara itu, Polrestabes Bandung mengamankan kamera pengawas atau CCTV untuk menjadi bahan penyelidikan penyebab kebakaran tersebut. Sejumlah saksi pun dimintai keterangan, terutama petugas keamanan yang tengah berjaga di gedung tersebut pada saat kejadian.

“Mudah-mudahan ada gambaran di situ, dan sementara memang dari pemadam kebakaran, dan dari kepolisian, dari Polsek, Polrestabes, dan Inafis, juga sudah melaksanakan olah TKP juga di sini,” ujar Plt Wakapolrestabes Bandung, AKBP Asep Pujiyono, di lokasi kejadian.

Comment