by

Sukabumi Diguncang Gempa 4,7 Magnitudo

Bandungkita.id, JABARKITA – Gempa dengan kekuatan magnitudo 4,7 mengguncang Kota Sukabumi, Jawa Barat pada Senin (31/10/2022) sekitar pukul 10.05 WIB. Masyarakat diimbau untuk waspada akam terjadinya gempa susulan.

Berdasarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa berlokasi di 7.70 Lintang Selatan (LS)-106.88 Bujur Timur (BT) di 87 km Barat Daya Kota Sukabumi. Pusat gempa berada di kedalaman gempa 20 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng,” ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hartanto, dalam keterangan tertulis, Senin (31/10/2022).

Video Pilihan:

Menurut Hartanto, gempa tersebut pun terasa hingga beberapa daerah di Jabar, diantaranya Garut Selatan, Tasik, Pangandaran, Cianjur, dan Panggarangan. Bahkan gempa pun membuat pemukiman di wilayah Bandung Raya bergetar.

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” sahutnya.

Ia pun memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Akan tetapi, masyarakat diimbau tetap waspada mengantisipasi adanya gempa susulan.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tandasnya.

Comment