by

Cosplay Bo Bo Boi Hibur Anak-anak Ditenda Pengungsi Cianjur

Bandungkita.id, JABARKITA – Suasana riuh terhadi di tenda pengungsian Kampung Barukupa, Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Jumat (2/12/2022) pagi. Sorak dan tepuk tangan anak-anak pun menggema di tenda pengungsian ketika seseorang menggunakan pakaian atau cosplay Bo Bo Boi datang untuk menghibur.

Kedatangan cosplay Bo Bo Boi tersebut disambut riuh oleh anak-anak yang langsung bergegeas masuk ke tenda. Mereka pun duduk rapih dimatras dalam tenda menghadap coshplay tersebut untuk menantikan atraksi hiburan yang akan disuguhkan.

Video Pilihan:

Anak-anak yang antusias tersebut merupakan penyintas bencana alam gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 yang terjadi di Cianjur pada 21 November lalu. Mereka diberi hiburan sebagai upaya untuk menghilangkan rasa takut atau trauma atas kejadian bancana alam yang merenggut korban meninggal dunia lebih dari 300 jiwa.

Cosplay tersebut bagian dari upaya trauma healing yang dihadirkan oleh PT ANTAM bekerjasama dengan Sahabat Polisi Cianjur untuk menghibur anak-anak yang masih bertahan di tenda pengungsian.

“Dan dari kemarin kami melakukan trauma healing khususnya untuk anak anak dan itu dengan memberikan hiburan dengan membawa tim badut, anak-anak gembira,” kata Yusra selaku tim medis dari PT ANTAM kepada Bandungkita.id di Kampung Barukupa.

Yusra menuturkan, kondisi psikologis anak-anak sangat penting untuk segera dipulihkan usai menjadi saksi bencana alam hebat tersebut. Pasalnya, lanjut Yusra, mental anak-anak sangat terpengaruh dengan kejadian gempa tersebut dan dikhawatirkan akan berkepanjangan jika tidak segera diberi trauma healing.

“Alhamdulillah antusias sangat baik, danbmemberikan cendera mata untuk anak. Dan mudah-mudahan ada dampak positif bagi psikologis anak-anak,” sahutnya.

Sementara itu Ketua Sahabat Polisi Cianjur, Daniel mengatakan, trauma healing tersebut sebagai bentuk kolaborasi dengan PT ANTAM untuk pemulihan mental penyintas gempa. Terlebih, di pengungsian tersebut banyak anak-anak yang selama ini selalu dihantui dengan adanya gempa susulan setiap hari di Cianjur.

“karena memang saat saat recovery ini diperlukan untuk mental healing, anak-anak, ibu hamil dan lansia. PT ANTAM sangat luar biasa gerak cepat, dimana ada pengajuan tempat banyak anak-anak langsung datang memberikan hiburan dan kado bagi anak-anak,” ujar Daniel ditempat yang sama.

Comment