by

Ratusan Petugas Kebersihan Dikerahkan Saat Malam Tahun Baru di Bandung

Bandungkita.id, KOTA BANDUNG – UPTD Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung menurunkan 427 petugas kebersihan di beberapa lokasi.

Selain itu, sebanyak 16 unit truk, 4 unit pikap, dan 55 unit sumosa (motor sampah roda tiga) juga dikerahkan untuk membantu para petugas kebersihan pada momen taun baru.

Rencananya terdapat lima lokasi yang menjadi fokus penanganan sampah, di antaranya sebagai berikut:

  1. Penanganan Sampah Wilayah Cibeunying
    Di wilayah ini terdapat beberapa titik lokasi pembersihan sampah, antara lain Jalan Ir. Djuanda (Dago), Diponegoro, Soekarno, Braga, area Lapangan Gasibu, Monju, Pusdai, dan sekitar Pasar Baru.

Personel dan armada yang disiapkan di Subwilayah Kota (SWK) Cibeunying pada Operasi Kebersihan Malam Tahun Baru 2023 yakni 2 unit truk, 96 petugas kebersihan, dan 18 sumosa.

  1. Penanganan Sampah Wilayah Tegalega
    Untuk wilayah Tegalega, titik lokasinya antara lain Jalan Cibaduyut, Leuwi Panjang, Sudirman, Astana Anyar, Pelajar Perjuangan, Panjunan, Panjagalan, Cibadak, Pagarsih, Soekarno-Hatta, Moch. Toha, dan Peta BKR.

Personel dan armada yang disiapkan di SWK Tegalega pada Operasi Kebersihan Malam Tahun Baru 2023 yakni 5 unit truk, 66 petugas kebersihan, dan 7 sumosa.

  1. Penanganan Sampah Wilayah Karees
    Sedangkan pada wilayah Karees, terdapat sejumlah titik lokasi, seperti Jalan Asia Afrika, Kepatihan, Otto lskandardinata, Pungkur, Lengkong Kecil, Ibrahim Ajie, Jembatan Pelangi Jalan Jakarta, Gatot Soebroto, Jalan Buah Batu, area sekitar Taman Alun-alun, dan sekitar lampu merah Cicaheum.

Personel dan armada yang disiapkan di SWK Karees pada Operasi Kebersihan Malam Tahun Baru 2023 yakni 3 unit truk, 115 petugas kebersihan, dan 15 sumosa.

  1. Penanganan Sampah Wilayah Bojonegara
    Sementara itu, pada wilayah Bojonegara titik lokasinya antara lain Jalan Setiabudi, Sukajadi, Pasteur, Padjajaran, Pasirkaliki, Sudirman, Kebonjati, Gardujati, dan Otto Iskandardinata (area Pasar Baru).

Personel dan armada yang disiapkan di SWK Bojonegara pada Operasi Kebersihan Malam Tahun Baru 2023 yakni 3 unit truk, 70 petugas kebersihan, 10 sumosa.

  1. Penanganan Sampah Khusus (Taktis)
    Tak hanya keempat titik tadi, dalam menunjang kegiatan malam tahun baru DLHK juga menyiapkan penanganan khusus yang dilakukan oleh Tim Taktis.

Sebanyak 14 personel petugas kebersihan dikerahkan, 1 personil sopir motor sampah, 3 mobil sapu, 1 truk 6 meter kubik, dan 2 unit mobil pikap/mini dump akan berkeliling untuk memantau beberapa titik potensi terjadinya lokasi keramaian.

Meski telah menyiapkan petugas, Pemerintah Kota Bandung berharap warga yang akan merayakan malam tahun baru tetap menjaga kebersihan demi kenyamanan bersama.

Buanglah sampah pada tempatnya, serta bawa tempat makan dan minum sendiri untuk mengurangi jumlah sampah. Selamat merayakan tahun baru bersama orang terkasih.

Comment