by

Tiga Kabupaten Berbondong-bondong Adopsi Inovasi di Kota Bandung

Bandungkita.id, KOTA BANDUNG – Tiga Kabupaten mengadopsi inovasi yang dimiliki Pemkot Bandung. Ketiganya adalah Kabupaten Karawang, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Maros.

Ketiganya melakukan penandatangan kerja sama di Pendopo, Rabu 28 Desember 2022.

Inovasi tersebut meliputi akselerasi yang telah dilakukan Pemkot Bandung di bidang pendidikan, teknologi, dan manajemen pemerintahan.

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana menyebut, inovasi pendidikan dan teknologi di Kota Bandung menjadikan inspirasi bagi daerahnya.

“Kabupaten Karawang akan fokus di bidang pendidikan. Kami melalui Dinas Pendidikan akan meniru sistem Dapodik-nya. Jadi mulai besok kami akan tiru dan modifikasi. Apa yang baik, akan kami tiru,” ujar Cellica.

Senada dengan Cellica, Bupati Blitar, Rini Syarifah menyebut, bidang teknologi di Kota Bandung menjadi acuan bagi perkembangan pembangunan di wilayahnya.

Ia melanjutkan, bidang teknologi ini akan bermanfaat bagi pengembangan potensi pertanian di Kabupaten Blitar.

“Saya sangat bersyukur diberi kesempatan belajar dari Kota Bandung dan memaparkan potensi di Kota Bandung. Kami juga belajar tentang teknologi untuk menunjang potensi pertanian di wilayah kami,” ujar Rini.

Sementara itu, Bupati Maros HAS Chaidir Syam menyebut, wilayahnya terinspirasi manajemen pemerintahan di Kota Bandung.

Menurutnya, berbagai penghargaan khususnya terkait teknologi dan manajemen pemerintahan di Kota Bandung menjadi tolak ukur wilayahnya datang jauh-jauh untuk melakukan studi tiru.

“Secara spesifik, kami mempelajari sistem manajemen ASN. Salah satu rekomendasi terbaik dari KASN dan Menpan, ini di Kota Bandung. Dan kami harus mencontoh hal yang baik,” ujarnya.

Terkait inovasi Kota Bandung yang ditiru 3 Kabupaten, Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyambut positif. Ia juga menyebut capaian dan inovasi di Pemkot Bandung merupakan berkah dan sisi lain dari pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, selama masa pandemi Covid-19, seluruh OPD di Kota Bandung masif membuat dan mengembangkan layanan publik berbasis aplikasi guna memudahkan akses bagi masyarakat.

Yana berharap, adanya kerja sama ini menghadirkan keuntungan dan manfaat bagi seluruh wilayah. Menurutnya, kerja sama antar wilayah merupakan suatu keniscayaan di era pascapandemi Covid-19.

“Kami dari Pemkot Bandung juga melakukan hal yang sama, kami meniru inovasi dan treatment yang juga dilakukan oleh wilayah lain,” ujar Yana.

“Kami berharap pascapandemi Covid-19 kerja sama antar daerah dapat dilakukan sebaik-baiknya. Semata-mata untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat,” tuturnya.

Comment