Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan Terima Penghargaan Bhakti Ekonomi Desa

BandungRayaKita, KBB97382 Views

Bandungkita.id, KBB – Bupati Kabupaten Bandung Barat, Hengky Kurniawan, menerima penghargaan lencana Bhakti Ekonomi Desa dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, di Desa Telik Bakau, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau pada Kamis (2/2/2023). Penghargaan itu diraih karena Hengky dinilai mampu mentransformasi pengelolaan dana bergulir masyarakat dari PNPM-MPD menjadi BUMDes Bersama.

Hengky Kurniawan mengatakan, penghargaan tersebut buah hasil kerja sama di Pemerintah Kabupaten Bandung Barat yang terus berupaya untuk mensukseskan berbagai program yang berada di desa terutama BUMDes. Penghargaan tersebut pun menjadi perjalanan awal tahun 2023 yang positif bagi Hengky untuk terus membangun Kabupaten Bandung Barat melalui desa.

“Terima kasih atas penghargaan ini. Ini adalah keberhasilan dan hasil kerja kita semua yaitu jajaran Pemkab Bandung Barat segenap Pemerintah Desa, seluruh komponen desa yang turut mendukung dan mensukseskan program-program di pedesaan. Dan mulai hari ini setiap tanggal dua Februari diperingati sebagai Hari BUMDesa Nasional,” kata Hengky usai menerima penghargaan.

Hengky pun memastikan dan berkomitmen untuk berupaya melakukan yang terbaik bagi setiap pembangunan di setiap pedesaan. Terlebih, desa-desa di Kabupaten Bandung Barat memiliki potensi yang sangat besar dengan keanekaragaman yang bisa dikelola oleh masyarakat melalui BUMDes.

“Ini membuktikan adanya sinergi yang kuat antara Pemkab KBB dan Pemerintah Desa dalam merealisasikan berbagai program dan kegiatan yang sesuai dengan aspirasi dan keinginan masyarakat,” tegas Hengky.

Sementara itu, lencana Bhakti Ekonomi Desa merupakan penghargaan yang diberikan bagi kepala daerah yang mempunyai komitmen memtransformasi 100 persen pengelolaan dana bergulir masyarakat eks PNPM-MPD menjadi BUMDes Bersama.

“Hari ini sudah terbentuk 60.417 BUMDes diseluruh Indonesia dan Jika digunakan untuk membangun konektifitas ekonomi, saya yakin desa-desa kita akan mengalami kemajuan yang luar biasa,” ungkap Hengky.