Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan Dengan Tips Dan Cara Yang Mudah

Nasional2975 Views

BandungKita.id, NASIONAL – Musim penghujan sudah mengguyur hampir di selaruh wilayah Indonesia termasuk di Bandung Raya, maka dari itu Kesehatan keluarga kita sangat penting untuk di jaga dengan cara mudah dan tips yang sangat bermafaat.

Karena cuaca di musim penghujan sangat berpengaruh pada suhu dan kelembapan yang mengakibatkan virus dan bakteri penyebab penyakit berkembang, maka dari itu kita harus mengetahui tips dan cara untuk menjaga kesehatan pada saat musim penghujan ini.

Ada berbagai banyak cara untuk menjaga kesehatan dengan salah satu cara mudah yang bisa dilakukan yaitu dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan virus dan bakteri penyebab penyakit melalui tangan.

Baca Juga:

Kadinkes KBB Bagikan Tips Sehat Cegah Penyakit di Musim Penghujan, Gampang Dipraktekkan Lho

Hujan Diprediksi Guyur Area Bandung Raya Hari Ini

Keracunan Makanan, Lima Warga Gununghalu Masih Dirawat

Ada beberapa tips dan cara mudah untuk menjaga kesehatan pada saat musim penghujan berlangsung agar tubuh kita tetap sehat untuk beraktivitas :

Musim hujan membuat lingkungan menjadi lembab serta suhu menurun sehingga memudahkan virus dan bakteri untuk berkembang biak. Maka dari itu, beberapa tips menjaga kesehatan di musim hujan berikut perlu diterapkan guna mencegah tubuh terserang penyakit.

A. Mengonsumsi Makanan Sehat dengan Gizi Seimbang

Dengan cara menjaga kesehatan di musim hujan yang pertama yaitu mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang agar kebutuhan makro dan mikro nutrien tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh diketahui dapat membantu sistem imun bekerja secara optimal, sehingga menurunkan risiko tubuh terserang penyakit.

B. Mencuci Tangan Menggunakan Sabun dan Air Mengalir

Kuman penyebab penyakit sering kali ditularkan melalui tangan. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, khususnya setiap sebelum memasak, sebelum dan sesudah makan, serta setelah dari toilet.

Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan apabila tidak menemukan akses air mengalir dan sabun.

C. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh diketahui dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya yaitu menjaga daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan cairan yang dikonsumsi dapat membantu tubuh mengeluarkan sisa-sisa proses metabolisme dan racun secara optimal. Anda disarankan untuk minum air mineral kurang lebih 2 liter per harinya.

Video Pilihan:

D. Melakukan 3M Plus

Genangan-genangan air di musim hujan sering kali menjadi tempat favorit nyamuk untuk berkembang biak. Nyamuk sendiri merupakan salah satu vektor pembawa beberapa jenis penyakit, seperti demam berdarah dengue (DBD) dan malaria.

Salah satu cara membasmi nyamuk adalah dengan menerapkan 3M plus. 3M plus merupakan program menjaga kebersihan lingkungan yang terdiri dari:

  • Menguras tempat penampungan air, seperti bak mandi, drum, dan toren air secara rutin.
  • Menutup tempat penampungan air, memanfaatkan dan mendaur ulang barang bekas, atau mengubur sampah yang mudah diurai.
  • Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk di kolam atau akuarium, memasang kasa nyamuk pada ventilasi dan jendela.Menanam tanaman pengusir nyamuk.

E. Berolahraga secara Rutin

Melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga secara rutin adalah tips menjaga kesehatan di musim hujan yang tidak kalah penting. Berolahraga secara rutin mampu menjaga sirkulasi darah serta mengoptimalkan kinerja sel darah putih yang berperan dalam sistem imunitas tubuh.

F. Mencukupi Asupan Vitamin C dan Vitamin D

Vitamin C dan vitamin D adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem imun. Sehingga, penting bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan harian vitamin C dan D, tak terkecuali pada musim hujan.

Kebutuhan vitamin C harian untuk wanita adalah 75 mg dan laki-laki sebanyak 90 mg.

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dengan mengonsumsi buah dan sayur seperti jeruk, stroberi, dan brokoli secara rutin. Bila perlu, anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin C tambahan sesuai anjuran dokter.

Sementara itu, Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin D dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi, mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D dan suplemen tambahan. Adapun kebutuhan harian vitamin D adalah 400-800 iu, tergantung dari usia dan kondisi tubuh.

G. Istirahat dan Tidur yang Cukup

Tips menjaga kesehatan di musim hujan selanjutnya adalah dengan istirahat dan tidur yang cukup selama 7-9 jam per harinya. Hal ini penting dilakukan agar tubuh mendapatkan waktu untuk memulihkan energi. Mencukupi waktu tidur juga diketahui mampu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas.

H. Vaksinasi Rutin

Pencegahan penularan virus dan bakteri penyebab penyakit yang sering terjadi saat musim hujan dapat dilakukan melalui vaksinasi secara rutin. Beberapa jenis vaksinasi rutin yang disarankan adalah vaksinasi influenza setiap 1 tahun sekali serta vaksinasi difteri dan tetanus setiap 10 tahun sekali.

Di musim penghujan ini kita bisa melakukan serta mempraktekan tips kesehatan di atas dalam kehidupan sehari hari , semoga tips dan cara mudah menjaga kesehatan bermanfaat bagi individu serta keluarga.

Comment