Ganjar Kuat Seperti Pohon Kurma

Opini, Sosok13206 Views

BandungKita.id, OPINI – Ada satu hal menarik ketika Ganjar sowan ke Syekh Ali. Bukan karena Ganjar menepati janjinya. Melainkan, saat keduanya menanam pohon kurma tepat di sisi kanan Masjid Muhammad Alawi Al Maliki. Percayalah menanam pohon kurma ini bukan hanya menanam pohon biasa. Seperti ada makna simbolis yang ingin ditunjukan Ganjar.

Jika kita memandang sebutir kurma sebenarnya kita juga memandang salah satu keajaiban yang menjadi saksi peradaban manusia. Kenapa gitu? Karena pohon ini punya ketangguhan yang diluar nalar.

Bagaimana tidak? Pohon ini berhasil hidup di gurun pasir dengan cuaca yang kalau dingin bisa sampai 75 derajat celcius. Kalau lagi panas bisa sampai minus 15 derajat celcius.

Nyaris tidak ada lah makhluk yang sanggup bertahan di lingkungan seekstrim itu. Alias ya langsung pada rungkad.

Baca Juga:

Ganjar Sabet Penghargaan Nasional

Tidak Hanya Gagasan, Ganjar Berikan Solusi Agar Masyarakat Produktif dalam Bekerja

Ganjar Usung Etika Keluarga, Keakraban dan Hormat untuk Kepemimpinan Nasional

Nah, kalau pohon kurma disulap jadi manusia, Ganjar lah orangnya. Walaupun dicaci maki, dihujat, difitnah, tidak membuat dirinya tumbang. Justru, karena terbiasa hidup dalam tantangan membentuk Ganjar menjadi pribadi yang tangguh dan berani. Tepat seperti kata Pak Jokowi.

(Insert video Jokowi menyebut Ganjar berani dan punya nyali)

Nggak cuman kuat, pohon kurma juga menghasilkan banyak manfaat. Mulai dari buahnya, untaian daunnya yang memberikan naungan bagi pelintas gurun. Dan di musim dingin, pohon kurma berhasil sebagai penahan angin.

Seperti Ganjar yang terus menebarkan manfaat dan gaungkan kebaikan sesama. Sekalipun dalam pertempurannya untuk pilpres mendatang, tidak menjadikannya sosok yang suka menjatuhkan. Seperti yang selalu dia ingatkan di setiap orasinya.

(Insert video Ganjar orasi tidak menyebarkan hoax)

Emang nggak pernah salah jadiin Ganjar idola. Sosoknya mencerminkan dirinya bertunas seperti kurma. Tekanan tidak membuatnya lemah dan tumbuh menjadi manusia yang bermanfaat dan saya yakin Ganjar akan muncul sebagai pemenang

Comment