oleh

Ribuan Pelamar CPNS Kabupaten Bandung Tidak Lolos Administrasi, Begini Penyebabnya

BandungKita.id – Lebih dari seribu pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Bandung tidak lolos seleksi administrasi.

Kepala Bidang Formasi dan Informasi Aparatur Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bandung Elly Agustini mengatakan pelamar CPNS Kabuputen Bandung kategori umum hingga penutupan pendaftaran pada 15 oktober lalu mencapai 12.893 orang.

“Yang memenuhi syarat administrasi sementara ini baru 10.682 orang,” tutur Elly, Rabu (17/10/2018).

BKD Kabupaten Bandung masih melakukan verifikasi terhadap 592 orang pelamar CPNS.

BACA JUGA :

“Berdasarkan hasil verifikasi, pelamar yang tidak memenuhi syarat ada 1.553 orang. Itu sementara, karena kan masih ada yang dalam proses verifikasi,” ujarnya.

Dia mengungkapkan sebagian besar pelamar yang tidak lolos verifikasi dikarenakan ketidaktelitian saat melakukan proses pendaftaran di laman www.sscn.bkn.go.id.

Dia mencontohkan, banyak pelamar yang seharusnya melakukan upload hasil scan dokumen asli, seperti ijazah dan transkip nilai, malah upload fotocopy legalisir.

Selain itu, kesalahan lain yang menjadikan pelamar tidak lolos adalah proses input data tidak sesuai dengan perintah.

“Misalnya, dalam perintah harus memasukan nama sesuai dengan ijazah, ini malah mencantumkan gelar,” katanya.

Pelamar yang tidak lolos administrasi juga banyak yang melakukan upload tidak lengkap sesuai dengan yang dipersyaratkan.

Elly melanjutkan, setelah proses ferivikasi selesai, pihaknya akan melakukan rapat pleno untuk menetapkan nama-nama yang dianggap memenuhi syarat administrasi.

Pelamar yang dinyatakan lolos, berhak mengikuti proses seleksi selanjutnya.(LOH)

Komentar