by

Minat Ikut CPNS? Pendaftaran Diperpanjang Hingga Tanggal Ini

BandungKita.id – Masa pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Bandung resmi diperpanjang hingga sepekan atau hingga 15 Oktober 2018 mendatang. Dengan begitu masih ada waktu bagi masyarakat yang hendak mendaftar CPNS.

“Rencana diperpanjang (pendaftaran CPNS) sampai dengan tanggal 15 Oktober. Mengingat perlu waktu cukup untuk verifikasi data,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKPP Kota Bandung, Atet Dedi Handiman kepada wartawan, Kamis (4/10/2018).

Awalnya pendaftaran CPNS dilakukan sejak 26 September-10 Oktober. Menurut Atet, perpanjangan pendaftaran CPNS ini sudah dikoordinasikan dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Salah satu faktor yang membuat pemerintah memperpanjang pendaftaran CPNS yakni berkaitan dengan sulitnya mengakses masuk untuk daftar akun.

“Ya karena masih sulitnya akses masuk ke web,” ungkapnya.

Selain itu faktor lainnya lanjut Atet yakni karena adanya revisi Peraturan Menteri PAN RB (Permen PANRB) Nomor 36 /2018 yang mengubah ketentuan syarat akreditasi.

Dalam surat edaran yang disampaikan Kemenpan RB disebutkan adanya beberapa perubahan dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 36/2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Supil Tahun 201B yang telah mendapat persetujuan dari Menteri Hukum dan HAM khususnya mengenai akreditasi menjadi calon pelamar merupakan lulusan Perguruan Tunggi Dalam Negeri dan atau Program Studi yang terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (BAN-PT) dan atau Pusdiknakes/LAM-PTKes pada saat kelulusan.

Selain itu juga sertifikasi pendidik yang dikeluarkan Kementerian Riset. Teknologi dan Pendidikan Tinggi dapat dipergunakan dalam rangka pemberian afirmasi untuk tidak wajib mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bagi pelamar pada formasi jabatan Guru, sama halnya dengan sertifikasi pendidik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Adapun untuk pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS 2018 rencananya akan digelar pada minggu ketiga Oktober 2018. Sementara pengumuman kelulusan CPNS 2018 akan disampaikan pada minggu keempat November 2018. Sedangkan tahap pemberkasan dimulai pada bulan Desember 2018. (BKI/BandungKita.id)

Comment