oleh

Ariel Noah Bangun Kembali Motor Kesayangannya Sejak SMA, Hasilnya Kinclong Seperti Baru

BandungKita.id, OTOMOTIF – Nazril Irham atau akrab lebih dikenal Ariel Noah ternyata memiliki sebuah motor paling bersejarah sepanjang hidupnya. Ia bahkan tak akan pernah menjual motor kesayangannya tersebut.

Motor yang dimaksud adalah Suzuki Shogun 110 R keluaran 2001. Motor itu merupakan peninggalan almarhum ayahnya, Nazmul Irphan.

“Motor Shogun ini sudah lama banget saya pakai, dari waktu SMA pakai motor itu. Pas kuliah setiap hari pakai motor itu, latihan band dulu pas awal-awal Peterpan pakai motor itu,” ujar Ariel seperti dikutip dari viva, Selasa (8/1/2019).

Tak heran jika kemudian motor tersebut sangat ia sayang dan tak akan dijual. Dia justru berusaha untuk merestorasinya untuk kembali mulus seperti baru.

“Terakhir almarhum bokap bilang yang ini jangan dijual, ini kenang-kenangan biar kamu ingat bahwa Papa pernah belikan kamu motor pas sekolah,” tutuR mantan kekasih Luna Maya tersebut.

BACA JUGA :

Namun karena sibuk dengan karirnya di dunia hiburan, motor bebek tersebut diakui Ariel tak pernah dipakai dan hanya bersarang di garasi rumahnya di Kota Bandung. Oleh sebab itu, vokalis band Noah itu kemudian merestorasinya agar bisa dipakai dalam kedaaan layak.

Sebelum restorasi, artis yang banyak digilai kaum hawa itu membongkar semua bodi motornya untuk melihat kondisi sasis dan menyusun daftar komponen yang harus dibeli. “PR-nya mencari spare parts karena itu motor tahun 2001, sudah lumayan lama,” katanya.

Dari cuplikan video di chanel YouTube-nya, Ariel memilih bengkel di Jalan Surabaya, Antapani, Bandung, untuk memasang semua komponen yang sudah dibelinya. Seperti diketahui, bengkel yang digawangi oleh Mas Yo itu menjadi langganannya saat SMA.

“Hampir semua diganti, karena sudah terlalu tua. Cuma kabel bodi enggak diganti, spakbor belakang dudukannya sudah karatan, mesti dilas lagi, as swing arm sampai enggak bisa dibuka, akhirnya diketok pakai palu segede-gedenya,” tutur Ariel yang ikut serta membantu membangun kembali motor bersejarahnya tersebut.

Usai direstorasi, Shogun itu akhirnya jadi terlihat seperti motor baru turun dari diler. Bagaimana tidak, bodi keseluruhan diganti, speedometer, sampai konsol lampu juga tak luput dari perhatian.

Untuk kaki-kaki, pelek diubah menggunakan jari-jari alumunium, shockbreaker belakang aftermarket, serta tabung suspensi depan dicat perak.

“Bodi bisa ganti baru, ban, pelek bisa ganti baru. Tapi kalau blok mesin bisa saja diganti baru, cuma kayaknya berlebihan. Tapi tetangga Mas Yo (mekanik bengkelnya) punya ramuan sendiri dan ternyata bisa hilangin kerak-kerak di blok mesin,” lanjutnya.

Tidak dijelaskan berapa hari proses restorasinya, sepertinya hanya dua hari. Karena dalam video tersebut di hari kedua, sudah selesai. “Tinggal stiker (bodi) aslinya yang belum dapat. Ada sih beberapa, tapi warnanya beda-beda, tapi seenggaknya semua sudah oke,” kata Ariel sambil tersenyum semringah. (ZEN/BandungKita.id)

Komentar