Helmi Bawa Konsep Sadar Sampah Dari Korsel ke Garut

BandungKita.id, GARUT – Pemkab Garut mendapatkan undangan dari pemerintah Korea Selatan. Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman dan empat pejabat dari Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) dan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) memenuhi undangan tersebut.

Sebagai oleh-oleh dari negeri ginseng itu, yakni penataan ruang terbuka hijau dan pengelolaan sampah.

Dikatakan Helmi, Pemerintah Korea Selatan (Korsel) berhasil membangun kesadaran masyarakatnya tentang sampah.

“Mereka berhasil membuat masyarakatnya sadar sampah itu luar biasa. Di tempat wisata dan tempat lainnya di sana itu tidak ada sampah. Ruang terbuka hijaunya juga di sana itu sangat banyak dan tidak ada yang kumuh,” paparnya.

Keberhasilan Pemerintah Korsel membangun kesadaran warganya akan sampah dan pembangunan ruang terbuka hijau yang banyak itu, akan coba diterapkan di daerahnya.

“Saya mendapat gambaran kalau di sana itu sebelumnya sama dengan di kita, banyak tempat kumuh, kemudian disulap menjadi ruang terbuka hijau yang bersih. Kita akan coba terapkan semua itu di sini,” ujar Helmi di Kantornya, Jumat (11/01/2019).

Ditanya kemungkinan hal tersebut bisa diterapkan di Kabupaten Garut, politisi Partai Keadilan Sejahtera itu, menyebutkan bisa saja, karena yang terpenting adanya kesadaran masyarakat soal sampah dan keinginan pemerintahnya.***(RUL/Bandungkita).

Comment