Evaluasi Debat Perdana Capres, Ini Kata KPU

Pilpres, Politik410 Views

Setelah rampungnya debat perdana capres-cawapres 2019 pada malam tadi, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/19). Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan segera melakukan evaluasi.

Ketua KPU Arief Budiman mengakui masih ada hal yang menjadi catatan untuk debat selanjutnya. Meliputi format, panelis hingga moderator.

“Jadi beberapa catatan akan jadi perhatian kita, kita akan evaluasi dalam dua tiga hari ini dalam mencari format, di debat ke dua tiga empat dan lima apakah pola ini masih sesuai di debat berikutnya, atau kita sesuaikan lagi termasuk pilihan panelis moderator,” kata Arief seperti dilansir Liputan6, Kamis (17/1/19).

Arief mengatakan pihaknya juga akan mengkaji kembali penggunaan contoh kasus yang dipaparkan dalam debat. Hal ini dilakukan karena masih ditemukan pertanyaan yang menyerang secara personal antara kedua pasangan calon.

“Ada memang yang kami tak bisa prediksi jawaban mereka, itu sebetulnya sangat tergantung, mereka buat sendiri kalau pertanyaannya menurut saya lebih banyak terkesan tidak menyebut orang perorang tidak ada, itu menjadi sangat spesifik tergantung perkembangan┬ádebat┬ásendiri,” ujarnya.

Meski demikian KPU menyebut debat capres perdana 2019 berjalan dengan baik. Arief menganggap masing-masing paslon sudah menyampaikan visi dan misinya dengan baik dan jelas .

“Debat berlangsung baik, anda lihat sampai interaktif antara pasangan calon mulai segmen dua sampai lima itu sangat luar biasa itu,” ucapnya. (DIN/Bandungkita)

Comment