Tol Cigatas Segera Dibangun, Wagub Jabar : Ekonomi Priangan Timur Akan Berkembang

BandungKita.id, GARUT – Pembangunan jalan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) yang sebelumnya direncanakan Pemprov Jabar pada masa Gubernur Ahmad Heryawan bakal segera terealisasi. Dalam waktu dekat, pemenang tender Tol Cigatas akan segera diumumkan.

“Tol Cigatas ini penetapan lokasinya sudah. Tinggal tunggu pemenang lelang,” ujar Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Alun-alun Garut, Jumat (18/1/2019).

Setelah pemenang lelang Tol Cigatas ditetapkan, kata dia, pembangunan akan segera dilakukan. Menurut Presiden, Tol Cigatas akan mampu mengurai kemacetan di Cileunyi dan memangkas waktu tempuh Bandung-Garut-Tasikmalaya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, proyek pembangunan jalan tol Cigatas akan mulai ditenderkan di awal tahun 2019.

Saat ini, lanjut Basuki, masih dalam tahap penlok atau penentuan lokasi. Tol Cigatas akan melintasi sejumlah daerah di priangan timur mulai dari Cileunyi. Bahkan rencananya tol ini pun akan diperpanjang hingga tembus ke Cilacap Jawa Tengah.

“Saat ini masih penlok, setelah selesai akan kami ajukan ke Gubernur Jabar,” ujar Basuki.

BACA JUGA :

Untuk anggaran, menurut Menteri, proyek-proyek infrastruktur di pulau Jawa biasanya menggunakan dana investasi. Berbeda dengan di daerah lainnya yang dari segi pembangunan kurang berkembang.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menuturkan, pembangunan tol Cigatas sangat mendesak mengingat kemacetan di priangan timur yang mengganggu perekonomian dan tidak hanya terjadi di saat lebaran.

Tol tersebut juga, kata Uu, akan meningkatan pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah timur Jabar khususnya Pangandaran yang akan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Sekarang sudah sangat padat, bukan saja saat akhir pekan dan lebaran tapi hari biasa juga, kasian masyarakat, saya juga bulak-balik Bandung-Tasik walaupun pakai Patwal sama saja lama,” ucap Uu.

Ia pun menyambut langkah pemerintah pusat yang akan memulai lelang tol Cigatas di awal tahun 2019.

“Berarti kan ada progres, mudah-mudahan segera dibangun,” ujar Wagub.

Pemprov Jabar sendiri saat ini tengah dalam proses pembebasan lahan untuk tol Cigatas. “Cigatas posisinya sekarang lagi pembebasan lahan,” ucapnya.(RUL/ZEN/BandungKita.id)

Comment