by

Malam Ini Supermoon, BMKG Peringatkan Gelombang Tinggi di Sejumlah Wilayah

BandungKita.id, JAKARTA – Fenomena gerhana bulan total dan supermoon akan terjadi Senin malam ini, (21/1/19). Fenomena ini merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga cahaya tidak semuanya sampai ke bulan.

Astronom dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rukman Nugraha menjelaskan, Bulan Januari jarak bulan tengah dalam posisi terdekatnya dengan bumi atau disebut perigee. Pada hari ini, 21 Januari bulan purnama akan muncul di beberapa wilayah di Indonesia. Kemudian pada 22 Januari bulan diprediksi mencapai jarak terdekatnya dengan bumi sejauh 357.342 kilometer.

Rukman mengatakan fenomena tersebut berdampak pada gelombang tinggi air laut yang akan terjadi pada 21-22 Januari 2019.

“Secara umum efeknya ada, namun detailnya pasti bergantung juga pada kondisi pantainya serta tipe pasang surut di pantai tersebut,” katanya, Sabtu (20/1/19) lalu, seperti dikutip Tempo.co.

BMKG meminta masyarakat pesisir waspada pada tanggal tersebut, khususnya yang tinggal di pesisir utara Jakarta hingga Jawa Timur, juga pesisir selatan, seperti Cilacap, Tanjung Benoa Bali, pesisir Kalimantan Barat, serta Makasar.

Selain itu, masyarakat diminta untuk selalu memantau perkembangan cuaca melalui situs resmi BMKG atau situs maritim BMKG, media sosial BMKG, dan aplikasi BMKG yang dapat diunduh di smartphone. (DIN/ Bandungkita.id)

Comment