by

Musisi Legendaris Indonesia Ini Minta Para Musisi Kedepankan Dialog Soal Polemik Panas RUU Permusikan

BandungKita.id, BANDUNG – Musisi legendaris Indonesia, Acil Darmawan Hardjakusumah atau yang akrab disapa Acil Bimbo ikut bersuara terkait polemik Rancangan Undang-undang (RUU) Permusikan yang saat ini tengah ramai diperbincangkan publik khususnya di kalangan musisi dan pihak yang berkaitan dengan dunia musik.

Pria yang juga pentolan grup musik legendaris Bimbo itu mengaku cukup mengikuti ramainya pembahasan RUU Permusikan yang menimbulkan pro dan kontra di kalangan musisi dan seniman tanah air. Namun, Acil enggan terjebak dan berpihak ke dalam salah satu kubu, baik yang pro maupun kontra terhadap RUU Permusikan tersebut.

Sebagai musisi senior, Acil berpesan kepada para musisi maupun anggota DPR RI agar masalah RUU Permusikan itu didiskusikan secara baik-baik sebelum RUU itu disahkan menjadi Undang-Undang.

“Saya menyarankan agar para musisi dan semua pihak yang terlibat agar melakukan dialog seluas-luasnya. Jangan masing-masing egois dengan pendapatnya sendiri,” kata Acil Bimbo saat berkunjung ke Kantor Redaksi BandungKita.id, Jumat (8/2/2019).

Acil Bimbo juga berpesan agar para musisi tidak saling baku hantam dan terlibat konflik berkepanjangan hanya gara-gara berbeda pendapat dan pandangan soal substansi RUU Permusikan tersebut.

BACA JUGA :

Menurutnya, perbedaan pendapat merupakan sesuatu hal yang wajar sehingga harus disikapi secara dewasa. Ia menilai gesakan antar musisi yang pro dan kontra sebenarnya tidak perlu terjadi jika semua pihak mengedepankan dialog dan sikap bijak dan dewasa.

“Dialog lah dan dengarkan semua masukan dan pendapat dari semua pihak khususnya para musisi dan yang bergelut di musik karena semua itu (RUU Permusikan) untuk kepentingan kita (dunia musik) ke depan,” kata Acil yang memiliki ciri khas berambut panjang tersebut.

Ia optimistis, upaya dialog dan saling mendengarkan akan mampu meredam polemik sekaligus mencari solusi terbaik mengenai beberapa substansi dalam RUU Permusikan yang saat ini diperdebatkan.

Pihak-pihak yang setuju maupun menolak, sambung Acil Bimbo, juga harus didengarkan pendapat dan argumennya oleh DPR. Ia berharap DPR jangan grasu-grusu dalam mengesahkan RUU Permusikan tersebut karena nantinya RUU itu akan menjadi pijakan dunia musik Indonesia.

“Yang tidak kalah penting, hindarilah konflik. Semua bisa kita selesaikan dengan dialog. Konflik malah akan membuat kita lelah dan tidak produktif,” tegas Acil Bimbo.

Seperti diketahui, pembahasan RUU Permusikan menjadi polemik panas akhir-akhir ini. Banyak musisi terlibat saling serang pernyataan karena saling berbeda pendapat. Yang pro dan kontra masing-masing malah terjebak debat panas tanpa solusi konkret terhadap substansi RUU Permusikan tersebut. (M Zezen Zainal M)

Comment