by

Polri Pastikan Warganet Kondusif Saat Debat Capres

BandungKita.id, BANDUNG – Jelang debat capres sesi dua pada Minggu (17/2/2019) mendatang. Polri pastikan aktivitas warganet aman terkendali. Hal tersebut diungkapkan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Mohammad Iqbal.

Pihaknya mengatakan telah memonitoring berbagai aktivitas media sosial (medsos). Pasalnya jelang debat sesi dua dikhawtirkan adanya konflik yang disebakan aktivitas di dunia maya.

“Aman, walaupun medsos agak ramai, kita harus terus menjaga di udara dengan desimninasi (pengarahan) yang positif,” kata Iqbal di Mapolda Jabar, Jumat (15/2/2019).

Selain itu, pihaknya juga mengajak agar warganet tetap bersikap sehat, terutama kaitannya dengan kemungkinan masifnya informasi hoaks. “Kita juga terus mengajak, berbagai komunitas untuk memerangi hoaks. Seluruh polisi sudah diperintahkan langsung kelapangan untuk terus sosialisasi soal penangkalan hoaks,” ujar Iqbal.

“Polri juga di back up TNI untuk sekuat tenaga menjaga, mengamankan pelaksanaan pemilu, pileg, dan pilpres 2019,” tambah Iqbal.

Tak hanya memantau medsos, Iqbal menegasakan, pengamanan juga dilakukan secara langsung sebagaimana standar operasional prosedur yang ada.

“SOP (pengaman debat) sudah jelas dan gabungan dengan SOP kepresidenan juga. Ada Paspampres di ring satu, ring dua dan tiga itu kepolisian. Sudah siap dari Polda Metro Jaya,” kata Iqbal.

Diberitakan sebelumnya, menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, sudah disiapkan dua ribu personil gabungan dari Polri, TNI, dan jajaran Pemprov DKI. (Tito Rohmatulloh/Bandungkita.id)

Editor: Dian Aisyah

Comment