by

Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah MotoGP dan WorldSBK 2021

BandungKita.id, BALAP MOTOR – Indonesia akhirnya bakal menjadi tuan rumah perhelatan ajang balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP 2021-2023 mendatang.

Hal itu diumumkan situs resmi MotoGP dan WorldSBK, pada Sabtu (23/2/2019) kemarin, Setelah Dorna Sports selaku promotor MotoGP dan WorldSBK menjalin kesepakan dengan Indonesia Tourism Development (ITDC) di Madrid, Spanyol.

Penandatangan kontrak kerjasama yang dihadiri oleh CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta dan CEO ITDC, Abdulbar M. Mansoer dan disaksikan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Spanyol, Drs. Hermono M.A menetapkan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat sebagai venue digelarnya balapan tersebut..

“Kami sangat bersemangat bisa bekerja sama dengan Dorna dan sangat senang bisa membawa event motorsport bertaraf dunia ke Indonesia dan Mandalika di Lombok,” ujar Abdulbar seperti yang dirilis MotoGP.com.

ITDC pun mengaku akan membangun trek berjenis street circuit dengan panjang 4,32 km yang terdiri dari 18 tikungan, dan proses pembangunan akan dimulai pada akhir tahun ini, serta diharapkan rampung pada 2020. Setelahnya, trek tersebut akan menjalani proses homologasi dari FIM.

Sementara itu, CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta mengapresiasi proyek street circuit di Lombok dan merasa senang MotorGP akan segera digelar di Indonesia. Menurutnya penggemar MotoGP di Tanah Air sangat besar sehingga bakal menjadi kunci pemasukan baru.

“Betapa uniknya proyek ini, bisa memiliki sirkuit urban bertaraf dunia di negara di mana MotoGP memiliki penggemar yang sangat banyak. Indonesia adalah pasar kunci bagi kami dengan persentasi fans balap yang cukup tinggi, dan atmosfer MotoGP bakal lebih kuat sekalinya sirkuit ini rampung. Selain itu, dengan menambahkan Lombok dalam kalender WorldSBK, membuat tawaran ini semakin atraktif bagi penggemar lokal, karena mendapatkan dua event dunia dalam setahun,” pungkasnya.***(Restu Sauqi)

Comment