by

Santri Millenial Run Siap Ramaikan Garut

BandungKita.id, GARUT – Sebanyak 2.000 peserta dari kalangan umum dan santri akan mengikuti kegiatan Santri Millenial Run yang akan digelar di Garut, Minggu (17/3/2019) mendatang. Kegiatan yang digelar oleh Indonesian Student And Youth Forum (ISYF) tersebut, dilakukan dalam dua kategori lomba yaitu 6 kilometer dan 10 kilometer dengan usia 6 sampai 18 tahun.

Direktur Eksekutif ISYF, Dinur Arista Wirawan menyebut, kegiatan Santri Millenial Run di Garut akan menjadi lomba lari yang berbeda dengan yang lain. “Setelah 10 tahun berdiri, ini kegiatan lomba lari pertama yang digelar ISYF karena sebelumnya kita banyak bergerak di dunia lingkungan dan kesehatan,” jelas Dinur dalam jumpa pers yang digelar Cargo Resto Jalan Cimanuk Garut, Minggu (24/2/2019) sore.

ISYF memilih kota Garut untuk kegiatan ini karena keberadaan ISYF memiliki sejarah yang kuat dengan Garut. Berdirinya ISYF adalah dari kegiatan Indonesian Youth Forum yang pernah digelar di Garut.

“Jadi kita ingin kegiatan ini jadi kegiatan dari Garut untuk Indonesia,” katanya.

Salah satu anggota Indonesian Muda Road Runner (IMMR), Satrio Guardian, mengatakan pihaknya akan membawa peralatan perlombaan lari berkelas internasional untuk kegiatan itu. “Yang berbeda dari lomba sejenisnya, kalau di kota-kota lain, lombanya di daerah yang padat dan jalurnya tidak steril, di Garut kita akan buat steril (jalurnya),” katanya.

Satrio juga melihat, Garut adalah kota yang indah dan sejuk hal ini juga menjadi nilai tambah untuk peserta. Santri dan pelajar mendapat tempat khusus dalam lomba dengan hadiah total Rp 148 juta. Santri dan pelajar dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 25.000.

Lomba lari ini, kata Satrio, menggunakan standar berkelas internasional dalam pelaksanaannya. Dari mulai tim medis hingga pengawas perlombaan akan disiapkan di sepanjang jalur perlombaan.

Pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian, dinas perhubungan setempat hingga TNI untuk mengawal pelaksanaan lomba dan pengaturan arus lalu lintas. “Nanti dari kita juga ada tim traffic controller yang akan melakukan pengalihan arus lalu lintas bersama kepolisian,” katanya.

Satrio berharap, ajang santri Millenial Run ini bisa digelar setiap tahun di Garut dan menjadi salah satu agenda olahraga besar di Garut.

Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Garut, Tito Sugito yang hadir dalam jumpa pers menyampaikan, mengingat pentingnya ajang santri Millenial Run. Pihaknya sebagai perwakilan Pemkab Garut akan berusaha membantu kesuksesan pelaksanaan lomba tersebut.

“Pemkab Garut akan mendukung kegiatan ini, apa yang bisa kita lakukan akan kita bantu,” ujarnya. (M Nur el Badhi/Bandungkita.id)

Editor: Dian Aisyah

Comment