oleh

Situ Bagendit Jadi Tujuan Wisata Garut Lautan Sepeda

BandungKita.id, GARUT – Pemerintah Kabupaten Garut, siap menyuguhkan keindahan alam objek wisata Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, sebagai tujuan wisata bagi pesepeda yang akan datang dari berbagai daerah saat kegiatan Garut Lautan Sepeda. Seperti diinformasikan Bandungkita sebelumnya, acara tersebut akan digelar pada 16 hingga 17 Maret 2019 mendatang untuk memperingati Hari Jadi ke-206 Garut.

“Banyak destinasi wisata di Garut, namun untuk momentum ini peserta Garut Lautan Sepeda akan singgah di Situ jBagendit,” kata Kepala Seksi Promosi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Agus Koswara saat ditemui usai persiapan Garut Lautan Sepeda di Markas Polres Garut, Kamis (14/3/2019).

Ia menuturkan, Disparbud Garut akan mempersiapkan lokasi wisata Situ Bagendit agar nyaman, aman dan bisa dikenang para pesepeda yang melakukan perjalanan dari Bandung menuju Garut.

Disparbud Garut juga, kata Agus, akan menampilkan beberapa kesenian dan kebudayaan khas Garut yang akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. “Nanti di Bagendit kita akan siapkan beberapa atraksi wisata, kita ajak sama-sama dalam setiap atraksi kesenian,” katanya.

Kegiatan besar itu akan memberikan dampak positif bagi pariwisata di Garut, termasuk akan memberikan keuntungan bagi pengusaha hotel maupun penjual produk khas Garut. “Tentunya kalau banyak wisatawan datang ke Garut akan banyak yang menginap di hotel Cipanas Garut, kemudian tempat-tempat makan akan dikunjungi,” katanya.

Selain itu, Ketua Pelaksana Garut Lautan Sepeda, Edi Setiawan mengatakan, Garut Lautan Sepeda akan mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat Garut, terutama pecinta olahraga sepeda sehingga ditargetkan peserta yang hadir mencapai 1.500 pesepeda dari berbagai daerah di Jawa Barat.

“Bagi masyarakat yang berminat menjadi peserta bisa melakukan pendaftaran dengan biaya sebesar Rp20 ribu, dan berkesempatan mendapatkan hadiah,” katanya Edi.

Dukungan juga turut dilakukan pihak kepolisian. Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP, Budi Satria Wiguna, menuturkan rangkaian acara untuk memperingati Hari Jadi Garut tersebut, sekaligus sosialisasi keselamatan dalam berkendara kepada seluruh elemen masyarakat.

“Ini merupakan salah satu kegiatan positif untuk dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dari polusi udara,” katanya. (M Nur el Badhi)\

Editor: Dian Aisyah

Komentar