oleh

Ini Dia 14 Buah yang Mengandung Vitamin B Tinggi, Apa Saja Manfaatnya?

BandungKita.id, HEALTH – Buah mengandung banyak sekali vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, pun mencegah dan mengatasi berbagai penyakit, dari yang sifatnya ringan hingga berat sekalipun. Salah satu vitamin yang terkandung di dalam buah-buahan adalah vitamin B.

Lantas, buah apa saja yang mengandung vitamin B? Apa manfaat buah yang mengandung vitamin B bagi kesehatan?

Vitamin B adalah sumber nutrisi yang perannya sangat penting bagi tubuh. Vitamin B berfungsi untuk melepaskan energi yang dihasilkan dari karbohidrat, lemak, dan protein. Tak hanya itu, vitamin B juga bertugas untuk membantu pembentukan sel darah merah, menjaga metabolisme sel, membentuk DNA dan RNA, merawat fungsi otak, hingga merawat fungsi saraf.

Mengonsumsi buah yang mengandung vitamin B tentunya sangat disarankan, malah diwajibkan jika Anda ingin senantiasa memiliki tubuh yang sehat bebas penyakit.

Buah-buahan adalah sumber vitamin B terbaik untuk Anda. Berikut ini daftar buah yang mengandung vitamin B tinggi yang perlu Anda ketahui, cekidot :

1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang mengandung vitamin B, khususnya vitamin B5. Pada setiap 100 gram buah alpukat, terkandung sekitar 1,39 mg vitamin B5. Tak hanya vitamin B5, alpukat juga mengandung 0,5 mg vitamin B6, 0,1 mg vitamin B1, dan 0,2 mg vitamin B2.

Manfaat vitamin B5 atau asam pantotenat, vitamin B6, dan vitamin B2 yang terdapat di dalam alpukat antara lain untuk membantu proses pertumbuhan, memproduksi sel darah merah, dan mengoptimalkan fungsi otak.

2. Blueberry

Blueberry atau beri biru ini juga kaya akan manfaat yang dihasilkan oleh vitamin B yang terdapat di dalamnya. Untuk setiap 340 gram blueberry, terdapat kandungan vitamin B6 sebanyak 5 persen dari total kebutuhan vitamin B6 harian yang disarankan. Selain itu, blueberry juga mengandung 0,05 mg vitamin B1, dan 0,01 mg vitamin B2.

Manfaat blueberry bagi kesehatan ada banyak, seperti membantu produksi sel darah merah, menjaga fungsi otak, merawat kulit, memperkuat tulang, menjaga fungsi sistem pencernaan, hingga meminimalisir risiko penyakit jantung.

3. Pisang

Selain vitamin C, pisang juga kaya akan kandungan vitamin B di dalamnya. Setiap 100 gram buah pisang mengandung tak kurang dari 0,433 mg vitamin B6, 0,3 mg vitamin B5, 24 mikrogram vitamin B9 (asam folat), dan 0,08 vitamin B2.

Banyaknya kandungan vitamin B pada pisang menjadikan buah berkulit kuning ini salah satu buah yang mengandung vitamin B tinggi dan baik untuk menghasilkan energi bagi tubuh, juga merawat sistem pencernaan, mernjaga fungsi otak, dan membantu produksi sel darah merah.

4. Jeruk

Tak hanya pisang, jeruk juga identik dengan vitamin C. Namun, buah jeruk ternyata juga merupakan buah yang mengandung vitamin B. Jeruk memiliki kandungan vitamin B, khususnya vitamin B6. Kadar vitamin B6 pada jeruk mampu memenuhi 5 persen dari total angka kebutuhan vitamin B6 harian yang disarankan.

Manfaat jeruk bagi kesehatan tubuh ada banyak, mulai dari merawat kesehatan kulit, hingga meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

5. Mangga

Buah mangga adalah buah yang mengandung vitamin B yang patut untuk Anda konsumsi secara rutin. Kadar vitamin B dalam setiap 100 gram mangga mencapai 0,25 mg. Adanya kandungan vitamin B pada mangga menjadikan buah dengan daging berwarna kuning ini memiliki sejumlah manfaat, seperti penambah energi, merawat mata, meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh, hingga mencegah terjadinya penyakit kanker.

6. Nanas

Anda suka nanas? Berbahagialah karena selain rasanya yang menyegarkan, nanas adalah buah yang mengandung vitamin B sehingga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya mengoptimalkan daya ingat pada otak. Ya, ini karena buah nanas mengandung vitamin B1 (thiamin) yang memang fungsinya meningkatkan dan menjaga daya ingat.

Jadi, untuk Anda yang tidak ingin cepat lupa, mulai dari sekarang rajin-rajinlah mengonsumsi buah dengan warna daging kuning cerah ini, ya.

7. Semangka

Semangka adalah buah yang kaya akan kandungan serat. Selain serat, semangka juga mengandung banyak vitamin, tak terkecuali vitamin B, terutama vitamin B6. Manfaat semangka melalui vitamin B6 ada banyak, seperti menjaga fungsi otak, dan memperlancar peredaran darah di dalam tubuh.

8. Stroberi

Buah stroberi merupakan buah yang memiliki antioksidan paling tinggi dibanding buah lain (foto:net)

Memiliki rasa asam dan manis yang menyegarkan, strawberry juga merupakan buah yang mengandung vitamin B. Atas kandungan vitamin B tersebut, strawberry patut untuk Anda konsumsi secara rutin jika ingin memiliki daya tahan tubuh yang bagus sehingga tidak rentan terhadap serangan berbagai penyakit.

9. Kurma

Buah kurma menjadi buah wajib bagi banyak orang ketika memasuki bulan puasa. Nah, mengonsumsi buah ini juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Ini karena kurma mengandung banyak vitamin di dalamnya, termasuk vitamin B. Dalam setiap 100 gram buah kurma, terdapat kandungan vitamin B5 sebanyak 0,8 mg, vitamin B6 0,2 mg, vitamin B2, 0,09 mg, dan vitamin B1 0,07 mg.

Manfaat buah kurma karena adanya vitamin B di dalamnya Antara lain menjaga fungsi otak, membantu produksi hormon, memperlancar produksi sel darah merah, dan penghasil energi. Itu dia mengapa saat berbuka, kita dianjurkan untuk mengonsumsi buah kurma karena buah ini dinilai efektif untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

10. Jambu Biji

Kandungan vitamin B pada 100 gram jambu biji meliputi 0,1 mg untuk vitamin B1, 0,06 mg untuk vitamin B2, 0,7 mg untuk vitamin B5 (asam pantotenik), dan 0,18 mg vitamin B6. Buah yang mengadung vitamin B satu ini sangat baik untuk mengoptimalkan kinerja otak, membantu produksi sel darah merah, hingga memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh.

11. Anggur

Dijuluki sebagai ‘ratu buah’ anggur adalah buah yang mengandung vitamin B tinggi. Setiap 100 gram anggur menyimpan 3 mikrogram vitamin B9 (asam folat), 0,1 mg vitamin B1, 0,07 mg vitamin B5, dan 0,13 mg vitamin B6.

Mengonsumsi anggur secara rutin dapat mencegah Anda dari risiko penyakit kronis seperti kanker dan jantung, pun merawat fungsi otak, membantu produksi hormon tubuh, dan berperan aktif dalam pembentukan DNA.

12. Apel

Bagi Anda yang kini tengah menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, apel mungkin sudah jadi salah satu menu sehatnya. Selain berperan penting dalam menurunkan berat badan, ternyata manfaat apel juga terkait sejumlah aspek kesehatan tubuh lainnya, lho.

Ini tak lepas dari kandungan vitamin yang dimiliki oleh buah dengan warna kulit merah tersebut, tak terkecuali vitamin B. Pada setiap 600 gram apel, terdapat 0,1 mg vitamin B5, 0,07 mg vitamin B6, 0,04 mg vitamin B2, dan 0,03 vitamin B1. Manfaat apel bagi tubuh di antaranya membantu produksi DNA, memperlancar peredaran darah, dan meningkatkan produksi hormon.

13. Melon

Kaya akan serat, melon juga jadi sumber vitamin B ideal untuk Anda. Mengonsumsi satu potong buah melon saja, Anda sudah mendapatkan asupan sekitar 0,02 mg vitamin B1, 0,01 vitamin B2 (riboflavin), 14 mikrogram vitamin B9, 0,5 mg vitamin B6, dan 0,07 mg vitamin B5.

Manfaat melon bagi kesehatan hampir sama dengan buah yang mengandung vitamin B lainnya, yakni menjaga fungsi otak, membantu produksi hormon dan DNA, hingga meminimalisir penyakit kanker dan jantung.

14. Cherry

Kerap dijadikan hiasan untuk mempercantik kue, buah cherry yang berwarna merah merona ini adalah salah satu buah yang mengandung banyak vitamin B. Seratus gram buah cherry mengandung 0,2 mg vitamin B5, 6 mikrogram vitamin B9, 0,04 mg vitamin B2, dan 0,03 mg vitamin B1.

Di balik ukurannya yang terbilang kecil, buah cherry memiliki manfaat besar bagi tubuh, seperti menjaga daya ingat, penambah energi, membantu produksi sel darah merah, hingga membantu pembentukan hormon tubuh.

Itu dia 14 buah dengan kandungan vitamin B yang bisa Anda konsumsi. Dari daftar buah-buahan di atas, mana yang menjadi favorit Anda? Semoga bermanfaat, ya!(M Zezen Zainal M)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : doktersehat.com

Komentar