Akibat Hujan Deras Akses Kecamatan Cigedug dan Bayongbong Garut Tertimbun Longsor

BandungKita.id, GARUT – Akibat hujan lebat yang terus mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Garut menyebabkan tanah longsor di Kampung Negla, Desa Sindangsari, Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut, Senin (4/3/2019).

Bencana longsor tersebut sempat menutup dan memutus akses jalan penghubung antara kecamatan Bayongbong dan Kecamatan Cigedug. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, warga yang rumahnya tertimpa longsoran sementara dievakuasi ke rumah keluarganya terdekat” tutur Kamal (40) warga Kampung Negla.

Selain merusak rumah warga, musibah tersebut juga merusak tiga unit tiang listrik sehingga memutus aliran listrik ke wilayah Kecamatan Cigedug dan Bayongbong. Sementara itu, menurut Camat Cigedug, Mia Herlina mengatakan saat ini petugas gabungan dan warga sekitar tengah mengevakuasi material longsoran. Mia menyebut tanah longsor diperkirakan setinggi 30 meter.

“Sampai saat ini evakuasi masih terus dilakukan oleh petugas gabungan untuk menyingkirkan material longsoran,” katanya, Selasa (5/3/2019).

Saat ini, jalan yang tertutup longsoran sudah mulai bisa dilalui oleh kendaraan. Meski demkian, warga diimbau untuk tetap waspada ketika ada hujan lebat turun, karena dikhawatirkan terjadi longsoran susulan.

“Jalan baru bisa dilalui setelah dilakukan evakuasi selama 5 jam lebih, kami juga mengimbau warga untuk tetap waspada,” ucapnya. (M Nur el Badhi)

Editor: Dian Aisyah

Comment