by

Dipecat Golkar, Keponakan Jusuf Kalla Ungkap Alasannya Dukung Prabowo-Sandiaga

BandungKita.id, POLITIK – Partai Golkar mengambil tindakan terhadap kadernya Erwin Aksa, yang secara terbuka mendukung pasangan capres dan cawapres 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Golkar mengambil keputusan bahwa keponakan Jusuf Kalla itu diberhentikan dari jabatannya sebagai Ketua Bidang Koperasi dan UKM.

“Perlu kami sampaikan bahwa Partai Golkar mengambil keputusan memberhentikan saudara Erwin Aksa dari jabatannya sebagai Ketua Bidang Koperasi dan UKM,” kata Ketua DPP Golkar, Ace Hasan Syadzily.

Menurut Ace, pemberhentian Erwin dari kepengurusan DPP ini sudah disetujui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto. Sebelum keputusan ini dibuat, Erwin juga telah berkomunikasi terlebih dahulu dengan Airlangga dan menyatakan ingin non-aktif dari kepengurusan partai.

BACA JUGA :

Survei Litbang Kompas : Elektabilitas Jokowi-Amin Turun dan Berada di Bawah 50 Persen, Prabowo-Sandi Naik Signifikan : Ini Penyebabnya

 

Ace menjelaskan pemberhentian Erwin ini menyesuaikan komitmen Golkar yang mendukung duet petahana Jokowi-Maruf Amin.

“Keputusan pemberhentian saudara Erwin Aksa dari jabatan struktural di DPP Partai Golkar dilakukan untuk menjaga marwah partai serta melaksanakan amanat Munaslub Partai Golkar pada 20 Desember 2017. Salah satu amanat Munaslub adalah dukungan Partai Golkar bagi Presiden Joko Widodo dalam Pemilu Presiden 2019,” tuturnya.

Erwin pun menjelaskan alasannya mendukung Prabowo-Sandi. Menurutnya salah satu alasan dirinya mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 02 adalah karena persahabatannya dengan Sandiaga.

“Saya kira yang paling penting adalah persahabatan dengan Pak Sandi. Tidak bisa terlepas dari apapun itu. Jadi saya kira itu alasan pertama saya yaitu persahabatan,” ujarnya.

Erwin menyangkal mendukung Prabowo-Sandi karena sudah dijanjikan jabatan menteri jika pasangan itu terpilih. “Ah saya tak ada pembicaraan seperti itu,” ujarnya.

Erwin menerima dirinya diberhentikan dari Golkar. Dia mengaku memang sudah menyampaikan surat permohonan pengunduran diri dari DPP Golkar ke Airlangga Hartarto.

“Demikian juga saya sampaikan kepada Dewan Pembina Partai Golkar, pak Abu Rizal Bakrie. Saya sampaikan resmi dan juga saya menyurat kepada beliau. Saya kira saya menyampaikan sesuai mekanisme di dalam Golkar,” tutur Erwin. (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

 

Editor : M Zezen Zainal M

Comment