oleh

PT KAI DAOP 2 Sediakan Empat KA Tambahan untuk Lebaran, Tiket Bisa Dipesan Mulai 6 April 2019

BandungKita.id, BANDUNG – Mulai tanggal 6 April 2019 PT KAI Daop 2 Bandung mulai menjual tiket Lebaran 2019. Demikian disampaikan Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Joni Martinus dalam keterangan resminya, Jumat (5/4/2019).

Joni menyebut terdapat 4 kereta api tambahan untuk lebaran, yakni KA Lodaya pagi dan lodaya malam, KA Pasundan, dan KA Kutojaya. Secara total tempat duduk yang disediakan KA tambahan Lebaran berjumlah 2.600 per harinya.

“Ada 4 KA Tambahan Lebaran yaitu KA Lodaya Lebaran relasi Bandung – Jogja – Solo, KA Pasundan relasi Kiaracondong – Surabaya Pasarturi, dan KA Kutojaya Lebaran relasi Kiaracondong – Kutoarjo. Pemesanannya dibuka malam ini, tepat pukul 00.00 WIB” jelas Joni.

Joni juga menyebut, untuk ketersediaan tiket KA reguler, sampai saat ini masih banyak meskipun sudah ada yang habis. Tiket yang habis yakni KA Pasundan dan KA Kutojaya.

“Namun masyarakat masih bisa memesannya pada KA tambahan Lebaran. Sampai saat ini di Daop 2 keterisian tempat duduk KA reguler masih di bawah 50 %. Artinya masih banyak tiket tersedia untuk masyarakat,” tambah Joni.

Menurutnya, eskalasi pemesanan akan terus meningkat ketika memasuki bulan Ramadan dan mendekati Lebaran. Untuk itu Joni menghimbau agar masyarakat benar-benar merencanakan perjalanan dengan kereta api secara matang sehingga dapat segera memesan tiket perjalanan.

BACA JUGA:

PT KAI Siapkan 50 Kereta Tambahan Untuk Mudik Lebaran 2019, Tiket Bisa Dipesan Mulai Besok

Joni menyampaikan beberapa tips yang bisa digunakan oleh calon penumpang saat melakukan perburuan tiket KA untuk Mudik dan Balik Lebaran 2019.

1. Usahakan agar koneksi internet stabil selama proses pencarian tiket.

2. Cari rute dan tanggal alternatif. Jika tiket yang anda inginkan habis, anda bisa cari rute alternatif. Misalnya jika rute Jakarta menuju Solo habis, anda bisa memesan jalur Jakarta – Bandung terlebih dahulu, lalu diteruskan dari Bandung menuju Solo yang relatif masih banyak.

Bisa juga menggunakan kereta persambungan, misalnya dari Jakarta – Cirebon lalu Cirebon – Solo. Pastikan waktu antar kereta tidak telalu dekat agar tidak tertinggal jadwal kereta lanjutan. Selain itu, coba sesuaikan tanggal bepergian Anda untuk menghindari keberangkatan di tanggal-tanggal favorit.

3. Cek ketersediaan tiket secara berkala. KAI menyediakan layanan pembatalan dan pengubahan jadwal baik di stasiun maupun di aplikasi KAI Access untuk memberikan kemudahan kepada penumpang KA.

Oleh sebab itu, apabila ada tiket yang dibatalkan atau diubah jadwalnya, maka tiket lama tersebut akan muncul kembali ke sistem ticketing untuk dijual kembali kepada masyarakat melalui seluruh channel penjualan KAI.

Pemesanan dapat dilakukan di website kai.id dan KAI Access mulai pukul 00.00 WIB. Sedangkan untuk pemesanan di channel eksternal menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing mitra penjualan tiket KAI.

Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket KA tambahan ini melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, dan berbagai channel penjualan tiket resmi KAI lainnya. (Restu Sauqi/Bandungkita.id)

Editor: Dian Aisyah

Komentar