by

Pertama Kali di Indonesia, Garut Bakal Gelar Festival Baso Aci : Catat Waktunya

BandungKita.id, GARUT – Meski terkenal dengan julukan Kota Dodol, namun kali ini ada julukan baru untuk Kota Garut yakni Kota Baso Aci. Garut akan menyelenggarakan Festival Baso Aci di Pendopo Garut yang diklaim untuk pertama kalinnya di Kabupaten Garut pada Jumat-Minggu Besok (3-5/5/2019).

Menurut Dhani Daxi Vortable, selaku penyelenggara Festival Baso Aci bahwa Garut tidak hanya terkenal dengan Kota Dodol saja, juga banyak orang luar kota yang tahu bahwa Garut juga terkenal dengan baso acinya.

“Kalau saya ke luar kota pasti tuh baso aci dari Garut, dan ini juga sudah cukup lama didengar namun memang tidak dikelola secara serius oleh pemerintah,” ucap Dhani saat melakukan jumpa pers di Tempat Ketiga Jalan Ciwalen Garut.

Tidak hanya baso aci, di luar daerah juga kebanyakan cilok (aci dicolok) orang Garut yang menjajakannya. Meski memang pihaknya sangat minim sekali data yang menunjukkan bahawa baso aci pertama kali dibuat di Garut.

BACA JUGA :

Hasil Pleno di Garut, Prabowo-Sandi Raih 72.16 Persen Suara

 

Waduh! Jelang Ramadan, Bawang Putih di Garut Naik Empat Kali Lipat

 

“Kita memang tidak memiliki data konkret, apakah benar atau tidaknya baso aci ini orang Garut yang pertama membuatnya,” katanya.

Meski demikian pada even yang diklaim baru pertama kalinya di Garut ini, kata dia, bakal banyak variasi baso aci yang belum orang tahu tapi sudah eksisting. Bahkan salah satunya ada yang sudah puluhan tahun.

“Di Garut juga banyak pedagang baso aci yang sudah puluhan tahun, nanti juga pada event kita akan membagi menjadi tiga katagori. Yakni legend, unik dan hits,” katanya.

“Saat ini kita bisa lihat bahwa penggemar baso aci itu benar-benar meningkat, karena dengan adanya Baso Aci yang dijual kemasan, penikmat Baso Aci itu bisa dirasakan bukan hanya di Garut, tapi ke luar kota bahkan sampai ke luar negeri,” katanya.

Dan sampai saat ini, Dhani menilai belum pernah ada kampanye dari Pemerintah Garut sendiri mengenai Baso Aci sebagai makanan khas dari Garut.

Sebutan-sebutan itu katanya tidak hanya menjadi sebutan saja. Dari data yang dimiliki, ujarnya, ada lebih dari 800-an pedagang Baso Aci yang seluruhnya memiliki rasa yang berbeda-beda.

“Yang sudah saya kunjungi hampir 800-an lebih dari Garut bagian Utara (Kecamatan Limbangan) hingga Garut Bagian Selatan (Kecamatan Cikajang) semuanya hampir ada yang jual Baso Aci,” kata Boby Pegiat Kuliner Garut.

Berangkat dari data yang tercecer tersebut dirinya bersama pegiat media sosial Garut berinisatif untuk pertama kalinya membuat Festival Baso Aci yang akan menggemparkan Indonesia. (M Nur el Badhi/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment