oleh

Jaga Stok Darah Selama Ramadan, PMI Gencar Lakukan Aksi Donor Darah

BandungKita.id, GARUT – Memasuki bulan suci Ramadan, Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Garut terus menjada stok darah dengan cara menggelar donor darah. Hal ini dilakukan meski sejumlah pendonor tengah menjalankan puasa.

Donor darah pun terus digencarakan oleh PMI Garut, dan tak pernah lelah menggelar acara donor darah demi terpenuhinya target kebutuhan darah di Kabupaten Garut. Donor darah kali ini digelar di gedung Unit Donor Darah (UDD) yang beralamat di Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Tarogong Kidul.

Ketua PMI Cabang yang juga Wakil Bupati Kabupaten Garut Helmi Budiman mengatakan, memasuki bulan ramadhan kita harus banyak berbagi bukan hanya berbagi makanan saja, akan tetapi donor darah pun merupakan amal ibadah yang besar.

“Sekarang di Unit donor darah lagi kekurangan stok darah golongan A, untuk itu bagi masyarakat kabupaten garut ayo kita donor darah. Dengan donor darah, badan kita akan lebih sehat, kegiatan ini pun di gelar dalam rangka membantu masyarakat yang membutuhkan darah di bulan suci Ramadan,” katanya, Selasa (14/5/2019).

Baca juga:

Kecewa Melihat Kondisi Jalan, Bupati Garut Geleng-geleng Kepala Saat Tinjau TPA Pasirbajing

 

Helmi mengatakan, bertepatan Bulan Suci Ramadan, banyak pasien di Rumah Sakit yang membutuhkan darah, terutama golongan darah A yang stoknya sudah berkurang.

Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Keputusan untuk menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan, atau bahkan beberapa nyawa sekaligus. Namun, tidak hanya menguntungkan bagi penerima darah, donor darah juga memberikan manfaat bagi pendonornya.

“Berikut beberapa manfaat donor darah yang anda harus ketahui diantaranya menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah,menurunkan resiko kanker,membantu menurunkan berat badan,membantu mendeteksi penyakit serius membuat lebih sehat secara psikologis dan memperpanjang usia,” ucapnya.***(M Nur el Badhi).

Editor: Restu Sauqi

Komentar