by

Woow! Jemaah Naqsabandiyah Sudah Rayakan Idulfitri Hari Ini

BandungKita.id, PADANG – Jemaah Naqsabandiyah di Padang, Sumatera Barat sudah merayakan idulfitri, Senin (3/6/2019) hari ini. Mereka telah melaksanakan takbiran pada Minggu (2/6) malam.

Pimpinan Tarekat Naqsabandiyah Padang Syafri Malin Mudo menjelaskan mereka sudah menjalankan ibadah puasa selama 30 hari. Menurut Syarif, mereka memulai puasa terlebih dahulu.

“Lebarannya tanggal 3 (Juni), karena puasa kami sudah 30 hari. Kami memulai memang lebih awal, sesuai hisab yang sudah turun temurun,” kata Syafri dikutip dari detikcom.

BACA JUGA :

Jasa Marga Pastikan Gerbang Exit Tol Cileunyi Akan Berfungsi Optimal

 

Kisah Ayi, Tukang Sampah yang Tak Pusing Soal Baju Lebaran

 

“Puasa kami tetap 30 hari. Walaupun naik, walaupun turun. Kenapa puasa 30 hari? Karena kata Rasulullah, siapa yang puasa 30 hari dan 6 hari syawal, maka sama dengan puasa 1 tahun,” imbuh dia.

Lantunan takbir sudah bergema di Musala Baitul Mammur, di Kelurahan Binuang Kampung Dalam, Pauh, Padang pada Minggu malam. Takbir ini menandakan berakhirnya puasa Ramadhan 1440 H.

Penganut Tarekat Naqsabandiyah tersebar di beberapa kabupaten/kota di Sumatera Barat. Pengikutnya diperkirakan berjumlah lebih dari 5.000 orang.

Naqsabandiyah merupakan satu dari tiga tarekat yang berkembang di Sumatera Barat. Selain Naqsabandiyah juga terdapat Tarekat Sattariyah dan Kastariyah. Bedanya, jika Naqsabandiyah biasanya lebih awal, sementara Sattariyah dan Kastariyah justru lebih lambat dari pemerintah. (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment