oleh

Dua Pekan Pasca Lebaran, Harga Cabai di Jawa Barat Naik

BandungKita.id, BANDUNG – Dua pekan setelah Lebaran, sejumlah harga bahan pokok di Jawa Barat mengalami lonjakan, terutama terjadi pada komoditi cabai. Untuk Cabai merah besar misalnya, berdasarkan pantauan di Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, naik dari Rp40.150 menjadi Rp45.200 per kilogram pada sepekan ini.

Kenaikan harga cukup signifikan terjadi pula pada cabai merah keriting. Pada pekan pertama bulan Juni tercatat Rp36.200 per kilogram. Saat ini harganya mencapai Rp40.800 per kilogram.

Kenaikan komoditi cabai terjadi pula untuk jenis cabai rawit hijau. Pekan pertama bulan Juni harganya Rp29.350 per kilogram, pekan ini merangkak menjadi Rp30.050 per kilogram.

Baca juga:

Pasca Lebaran, Harga Kepokmas di Empat Pasar KBB Mulai Kembali Normal

 

Adapun komoditi untuk harga komoditi diluar jenis capai juga mengalami kenaikan. Namun tidak terlalu signifikan. Misal, minyak goreng kemasan bermerk, pada awal pekan bulan Juni harganya Rp13.500 per kilogram. Saat ini harganya mengalami kenaikan Rp13.550 per kilogram.

Hal yang sama terjadi juga pada harga minyak goreng curah. Awal bulan Juni harganya Rp10.500 per kilogram. Saat ini mencapai Rp10.600 per kilogram.***(Restu Sauqi)

Komentar