by

Naturalisasi Tak Kunjung Rampung, Fabiano Beltrame Menganggur

Bandungkita.id, PERSIB – Fabiano Da Rosa Beltrame dipastikan menganggur di musim 2019. Sebelumnya tak bisa bermain di Liga 1, kini giliran Liga 2 tidak bisa dijalaninya.

Padahal sebelumnya, bek kelahiran Brasil itu diproyeksikan untuk membela Persib di Liga 1 2019. Namun kuota pemain asing yang sudah terpenuhi menjadi alasannya tak bisa gabung.

Lalu Fabiano diminta lebih dulu bergabung dengan tim satelit Persib (Blitar United) yang berlaga di Liga 2 lantaran proses naturalisasinya untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) akan segera rampung.

Namun, hingga pendaftaran pemain untuk Liga 2 ditutup, proses naturalisasi Fabiano tak kunjung terselesaikan. Alhasil, mantan penggawa Madura United ini tak bisa berkiprah di kompetisi yang diselenggarakan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Baca juga:

Persib Lepas Fabiano ke Liga 2, Kenapa?

 

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts mengaku sudah mengetahui dengan kondisi yang dialami Fabiano. Karena itu, ia mengajak Fabiano untuk kembali bergabung dengan Persib meski hanya sekadar berlatih.

“Dia (Fabiano) tidak bisa gabung tim di Liga 2 dan pendaftaran pemain juga sudah selesai. Sehingga dia kembali ke sini,” ungkap Robert seusai memimpin sesi latihan di Lapangan Saraga ITB, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Senin (24/6/2019).

Robert berharap proses naturalisasi Fabiano bisa segera terselesaikan. Sehingga di putaran kedua Liga 1 2019, Persib bisa mendaftarkannya.

“Sekarang kami tinggal menunggu proses naturalisasi dia selesai sebelum putaran kedua dan dia akan kembali ke tim. Jadi kami harus menjaga dia tetap fit,” tegasnya.

Baca juga:

Nasib Fabiano Masih Belum Jelas, Ini Alasannya

 

Sementara itu, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Kuswara S Taryono memastikan akan tetap berusaha untuk menyelesaikan proses naturalisasi sekalipun Fabiano tidak bisa bermain di dua kompetisi yang diselenggarakan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

“Karena Fabiano statusnya terikat kontrak dengan Persib, maka kami akan tetap mengupayakan dia untuk menjadi pemain naturalisasi,” tegas Kuswara.

Namun demikian, lanjut Kuswara masih butuh waktu untuk bisa menyelesaikan proses naturalisasinya. Sebab diperlukan beberapa tahapan sebelum Fabiano dinyatakan sebagai WNI.

“Kita tunggu prosesnya. Mudah-mudahan putaran kedua sudah bisa gabung (Persib). Kita ikuti prosesnya sambil berjalan,” pungkasnya.***(JAR/Bandungkita.id)

Comment