by

Pemprov Jabar Gandeng Amerika Berantas Penyakit Menular

Bandungkita.id, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggandeng perusahaan Gilead asal Amerika Serikat untuk memberantas penyakit menular di Jawa Barat seperti hepatitis dan HIV/AIDS.

Kerjasama tersebut dibahas oleh perwakilan perusahaan Gilead Amerika dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Kantor Gubernur Jawa Barat, Rabu, (26/6/19).

“Ini adalah kerjasama untuk mengurangi prevalensi HIV/AIDS dan hepatitis yang berhubungan dengan darah lah,” kata Ridwan Kamil usai melakukan pertemuan dengan utusan Gilead Amerika di Gedung Sate Jawa Barat.

Emil, sapaan Ridwan Kamil menjelaskan, kerjasama Gilead juga telah dilakukan dengan pemerintah India, dengan cara mendirikan pabrik di India menggunakan bahan generik lokal dan menghadirkan teknologi dari Amerika. Di indonesia sendiri, Jawa Barat akan menjadi pelopor pertama program ini.

“Di India sudah berhasil karena kerjasama teknologinya dari Amerika, tapi pabrikanya local. Dengan menggunakan bahan-bahan generic, sehingga biaya treatmentnya di India itu sangat murah.” Jelas Emil.

Rencananya pemerintah Provinsi Jawa Barat akan merealisasikan kerjasam tersebut pada tiga tempat, yaitu di penjara, puskesmas perkotaan, dan Pedesaan. Pemilihan tempat di penjara dilakukan karena penjara 70 persen adalah pengguna narkoba, yang bersentuhan langsung dengan darah.***

Comment