by

Hajat Tahunan Pegiat Animasi “Anifestkom 2019” Digelar di Unikom

BandungKita.id, BANDUNGĀ – Universitas Komputer Indonesia (Unikom) menggelar festival animasi bertajuk Animation Festival Unikom (Anifestkom) 2019. Anifestkom berlangsung dari 27-29 Juni 2019.

Beragam kegiatan bakal dihelat dalam event yang pertama kalinya digelar di Unikom ini. Mulai dari seminar industri animasi Indonesia, screening dan bedah film, masterclass, hingga lomba membuat film animasi selama 48 jam nonstop atau Indonesia Reallusion Awards (IRA) 2019.

Kegiatan bertema ‘Animasi Milenial’ tersebut diikuti sekitar 1.000 peserta yang telah mendaftar dari berbagai kalangan pegiat animasi dan diselenggarakan secara gratis.

Menurut ketua pelaksana Anifestkom, Roby UL Pratama mengatakan, Anifestkom bertujuan menjadi wadah penggiat animasi di Indonesia. Sehingga kedepan tidak akan kalah bersaing dengan industri animasi di negara lain.

Roby mengatakan, saat ini animasi masih terus digemari semua kalangan tak hanya untuk tayangan televisi, animasi kini merambah pada dunia bisnis di segala sektor.

“Hampir semua bidang perusahaan menggunakan animasi untuk berbagai keperluan, artinya baik saat ini maupun kedepan nya industri animasi masih punya potensi besar,” Kata Robby saat sambutan.

Baca juga:

Tablet Terbaru Samsung Bakal Dipasang Prosesor Snapdragon

 

Kegiatan tersebut juga dihadiri Direktur riset dan pengembangan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Wawan Rusiawan mengatakan Animasi merupakan salah satu bagian Bekraf yang geliatnya semakin meningkat terutama di Kota Bandung.

“Kegiatan ini adalah salah satu rantai bagaimana animasi bisa bertahan dalam industri ekonomi kreatif, secara otomatis pada kegiatan ini timbul kompetisi, dan itulah yang membuat kualitas industri animasi kita terus meningkat,” kata Wawan.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unikom, Umi Nurimawati mengatakan, untuk perlombaan membuat animasi 47 jam non-stop diikuti 13 kampus dengan tema film animasi Future Of Indonesia.

“Kami berharap, melalui kegiatan ini bisa memberi kontribusi agar lebih banyak generasi muda yang menjadi entrepreneur di bidang animasi khususnya,” ujar Umi. (Tito Rahmatullah/BandungKita.id)

Comment