by

Eks Panglima Laskar Jihad, Jafar Umar Thalib Wafat

BandungKita.id, JAKARTA – Eks Panglima Laskar Jihad, Jafar Umar Thalib meninggal dunia pada Minggu sore, (25/8/2019). Sebelum berpulang, Jafar sempat dirawat di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta.

Dikutip dari Rakyatku, kabar meninggalnya Jafar datang dari kuasa hukumnya, Achmad Michdan. Dia menyebut Jafar meninggal karena serangan jantung.

Jafar baru saja bebas dari vonis lima bulan penjara pada 28 Juli 2019. Dia dinyatakan terbukti bersalah dalam kasus kekerasan oleh Pengadilan Negeri Makassar pada 16 Juli 2019.

BACA JUGA:

5 Mahasiswa Universitas Suryakencana Jadi Tersangka Pembakar Polisi di Cianjur

 

Jafar hanya menjalani masa hukuman penjara selama 11 hari. Karena sebelumnya dia sudah ditahan dalam waktu lama.

Kasusnya bermula ketika Henock Niki, warga Jalan Protokol Koya Barat, Distrik Muara Tami, Jayapura, Papua memutar lagu kerohanian dengan volume keras pada 27 Februari 2019. Tiba-tiba, dia didatangi tujuh orang pria, salah satunya Jafar.

Jafar menegur Henock karena aktivitasnya mengganggu ibadah di masjid. Polisi mengatakan Jafar memerintahkan dua santrinya yang membawa pedang untuk memotong kabel pengeras suara di rumah Henock.

BACA JUGA:

Bus Gratis Cimahi-Bandara Kertajati Resmi Beroperasi, Catat Jadwalnya

 

Kasus itu perujung ke meja hijau. Hingga akhirnya Jafar bersama enam pengikutnya ditangkap dan diadili.

Jafar memiliki rekam jejak panjang kekerasan yang terjadi di Indonesia. Dia pernah menjabat sebagai Panglima Laskar Jihad dan namanya disebut-sebut terlibat dalam kerusuhan Ambon. (Dian Aisyah/Bandungkita.id)

Sumber: Dream.co.id

Comment