oleh

Genjot Wisata Budaya Lokal, Pemprov Jabar Akan Rutin Gelar Festival

BandungKita.id, BANDUNG – Provinsi Jawa Barat merupakan provinsi yang memiliki keanekaragaman budaya dari 27 kabupaten/kota. Hampir setiap wilayah memiliki budaya lokal masing-masing.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selepas membuka ‘Festival Pesona Lokal’ di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (21/9/2019).

“Konten (kegiatan) ini sangat cocok dengan visi misi Jawa Barat yaitu konten budaya lokal dihidupkan, dipopulerkan dan dilestarikan,” kata Ridwan Kamil.

Dalam kegiatan tersebut dilombakan berbagai kebudayaan lokal seperti tari-tarian tradisional musik tradisional dan kesenian lokal lainnya.

BACA JUGA :

Bangun Creative Centre, Pemprov Jabar Rogoh Kocek Hingga Rp 16,6 Miliar

 

 

Waduh! Ridwan Kamil Cari Sekda Jabar dari Kalangan Non ASN, Boleh Enggak Ya?

 

Pihaknya mengatakan dengan menggelar kebudayaan lokal bisa menahan derasnya arus budaya luar negeri terutama bagi kalangan milenial.

“Ini untuk mengimbangi budaya yang terlalu ngepop, terlalu luar negeri yang hadir di Jawa Barat khususnya di tengah anak-anak milenial. Mudah-mudahan dengan adanya festival, menjadi komitmen dalam mengembangkan kebudayaan dengan cara yang lebih kekinian,” kata Emil.

Ke depannya, kata Emil, acara serupa akan digelar rutin setiap tahun, serta ditambah dengan hadirnya pusat-pusat kegiatan kebudayaan di kabupaten/kota di Jawa Barat.

“Kita sedang membangun pusat budaya, membangun kreatif center, jadi nanti ukurannya ekonomi kreatif juga kebahagiaan warga,” ungkapnya. (Tito Rohmatulloh/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Komentar