oleh

6 Olahraga Ini Paling Banyak Membakar Kalori Tubuh Menurut Riset dan Para Ahli

BandungKita.id, HEALTH – Olahraga merupakan cara yang paling efektif untuk membakar banyak kalori sehingga membuatmu lebih sehat. Bonusnya, bentuk tubuh impian pun bukan lagi sekadar harapan.

Jadi, apa saja rekomendasi olahraga yang bisa membakar banyak kalori? Cekidot :

1. Lompat tali

Ilustrasi lompat tali (foto:net)

Ahli kebugaran Chris Ryan CSCS CPT mengatakan bahwa latihan yang satu ini bahkan dapat membakar kalori hingga 1.074 setiap jam dan bagus untuk keseluruhan tubuh. Yang lebih asyik, kamu bisa melakukan lompat tali di mana saja dan kapan saja meski hanya untuk beberapa menit dan mengulanginya, bukan langsung selama satu jam penuh.

Selain itu, ahli diet dan nutrisi Roger E. Adamas PhD juga mengatakan bahwa agar lebih maksimal, kamu bisa memberikan interval dan mengombinasikannya dengan aktivitas lain. Seperti contoh, lakukan lompatan sebanyak 100 repetisi lalu berjalan di tempat sekitar 60 menit dan ulangi sampai kamu tak lagi kuat melompat secara efektif.

2. Taewkondo

Ilustrasi taekwondo (foto:net)

Kalau kamu suka seni bela diri, cobalah taekwondo yang bisa membakar kalori sekitar 937 kalori per jam untuk individu dengan berat 90 kg. Ryan menjelaskan bahwa olahraga yang sudah ada sekitar 2.000 tahun ini membutuhkan dan meningkatkan kecepatan, kekuatan, konsentrasi, kekuatan reaksi, dan pengaturan napas.

BACA JUGA :

Olahraga Simpel di Pagi Hari Ini Efektif untuk Cegah Serangan Jantung

 

 

Olahraga Bersama Teman Ternyata Banyak Manfaatnya, Apa Saja?

 

Agar pembakaran kalori maksimal seperti yang diharapkan, pastikan kamu tidak terlalu sering beristirahat dan selalu bersungguh-sungguh dalam setiap gerakannya, ya.

3. Tenis

Ilustrasi olahraga tenis (foto:net)

Dijelaskan oleh Bend Boudro CSCS, pemilik XCeleration Fitness, tenis membakar sangat banyak kalori dan menantang karena dibutuhkannya akselerasi yang sangat cepat agar dapat bermain dengan maksimal. Pergerakan bola sangat sulit ditebak, sehingga otot-ototmu pun perlu berkontraksi dengan cepat untuk memposisikan diri bereaksi terhadap arah dan gerakan bola.

Tak tanggung-tanggung, pada individu dengan bobot 90 kg, tenis dapat membakar lemak hingga 728 kalori hanya dalam lima menit bila dilakukan dengan sungguh-sungguh. Wow!

4. Berenang

Ilustrasi berenang (foto:net)

Kalau berenang dengan niat seperti atlet (bukan hanya sekadar berenang santai), jangan heran bila banyak kalorimu yang akan terbuang setelah latihan. Renang dengan intensitas tinggi bisa membakar hingga 892 kalori.

Olahraga yang satu ini juga cukup solutif untuk kamu yang ingin banyak membuang cadangan lemak dengan kardio tanpa harus berkeringat seperti saat berlari, senam, dan sebagainya.

5. Joging

Ilustrasi joging (foto:net)

Kalau berlari cepat terlalu melelahkan untukmu, joging tetap bisa jadi opsi lain yang lebih nyaman. Dengan kecepatan sekitar 5 mil per jam, orang dengan berat badan 90 kg bisa kehilangan sekitar 755 kalori setiap jamnya melalui olahraga ini.

Bila ingin menambah tantangan dan intensitas demi hasil yang lebih memuaskan, kamu bisa coba untuk mulai joging di area yang menanjak.

6. Basket

Ilustrasi basketball (foto:net)

 

Olahraga yang terlihat begitu keren dan banyak dipuja oleh kawula muda ini nyatanya juga bisa membantumu membakar hingga 728 kalori per jam. Bayangkan saja, bila bermain dengan sungguh-sungguh, kamu akan menggabungkan lari cepat, lompat, ketangkasan, dan banyak kontraksi otot lainnya dengan minim istirahat.

Namun, pastikan untuk selalu berhati-hati untuk meminimalkan risiko cedera, ya. Di samping itu, bila kamu termasuk baru mencoba olahraga ini, mulailah dulu dengan sekitar 15 menit untuk membangun toleransi dan adaptasi tubuh.

Tentu saja, bila tujuanmu adalah untuk lebih sehat dan punya bentuk tubuh yang lebih menarik, satu kali olahraga saja tidak cukup. Untuk itu, pilih jenis olahraga yang sesuai ya, sebab dengan begitu kamu pun akan lebih bersungguh-sungguh serta rutin tanpa beban untuk menjalankannya. Selamat mencoba!(*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : idntimes

Komentar