by

Google Berusia 21 Tahun Dengan 3 Tanggal Lahir Yang Berbeda, Begini Alasannya

BandungKita.id, TEKNOLOGI – Kapan sebenarnya Google berulang tahun ?, awalnya raksasa search engine dunia itu memperingati hari lahirnya pada setiap 7 September. Tanggal tersebut dianggap sebagai hari berdirinya perusahaan.

Namun, tanggal itu belakangan diubah. Google menyatakan bahwa 4 September adalah tanggal berdirinya perusahaan. Seperti yang disebutkan di atas, tanggal tersebut merupakan tanggal resmi pendirian perusahaan.

BACA JUGA :

Muluskan Program OPOP, Pesantren Diminta Melek Teknologi

 

Baru ketika 2006, tanggal ulang tahun Google diundur menjadi 27 September. Tanggal itu dipilih sebagai hari jadi Google agar perusahaan bisa mengumumkan pencapaian jumlah halaman yang berhasil diindeks oleh mesin pencarinya saat itu.

Sampai tahun 2019 ini, Google masih menjadikan tanggal 27 September sebagai hari jadinya. Pada ulang tahun ke-21, Google kembali merayakan hari jadinya dengan memajang doodle khusus. Doodle tersebut berupa satu set komputer yang menampilkan laman muka Google di layar monitor.

Lewat doodle hari, Jum’at (27/9/2019), Google ingin merayakan hari jadinya. Raksasa internet itu dapat dikatakan sudah menginjak usia dewasa karena usianya yang ke-21.

BACA JUGA :

Menkominfo Ajak Akademisi Adaptif Hadapi Perubahan Teknologi Digital

 

Google didirikan oleh dua sahabat, yakni Larry Page dan Sergey Brin. Keduanya membangun Google saat masih kuliah di Stanford University. Alamat “Google.com” terdaftar sejak 15 September 1997.

Layanan Google kini berkembang ke ranah layanan surel, penyimpanan awan (cloud computing), pesan instan, aplikasi peta dan navigasi hingga mengembangkan peranti lunak (software) untuk ponsel. ***(Azmy Yanuar Muttaqien/BandungKita.id)

Comment