oleh

Mengenal Uun Samsa, Pencipta Lagu “Permintaan Api Unggun” Asal Garut yang Dilupakan

BandungKita.id, GARUT – Usianya Kini tak muda lagi, namun karyanya masih sering dinyanyikan generasi muda. Nampaknya Ungkapan tersebut layak disematkan kepada Uun Samsa, Seorang warga Limbangan Kabupaten Garut pencipta lagu permintaan api unggun.

Uun adalah pencipta dari lagu yang biasa dinyanyikan sebelum api unggun dinyalakan pada kegiatan kegiatan pramuka yang berjudul ‘Permintaan Api Unggun’. Lagu itu diciptakan Uun pada dekade 1978 saat dirinya masih aktif dalam gerakan Pramuka. Namun sayang nama Uun Samsa belum banyak dikenal di kalangan anggota pramuka.

 

BACA JUGA :

Wukuf Nasional 3.0 Tahun 2019, Ajang Perlombaan Pramuka se-Indonesia

 

 

“Pada tahun 1978 saya menciptakan lagu Permintaan Api Unggun ini, banyak orang di Pramuka yang belum tahu,” ujar Uun di kediamannya, Rabu (30/10/2019).

Tak hanya itu, lagu yang sering dinyanyikan anggota pramuka saat api unggun menyala berjudul “Api Menyala” juga diciptakan tiada lain oleh putra asal Jawa Barat ini.

“Yang dinyanyikan ada dua lagu saat api unggun, yakni sebelum dan saat api menyala. Lagu sebelum api unggun berjudul Permintaan Api Unggun, yang kedua biasa dinyanyikan saat api unggun menyala, berjudul Api Menyala” tutur Uun.

Dari hasil penelusuran BandungKita.id, menemukan bahwa lagu “Permintaan Api Unggun” di Youtube tidak mencantumkan nama Uun Samsa sebagai penciptanya, melainkan hanya ditulis “No Name”. Padahal video lirik lagu itu diunggah oleh akun official Pramuka Indonesia, berikut videonya:

 

 

Dirinya berharap, lagu-lagu yang telah di ciptakan mendapat perhatian dari masyarakat, khususnya para anggota Pramuka. Selain itu, apresiasi dari pemerintah sangat diharapkan dirinya yang hingga saat ini masih mengabdi pada gerakan Pramuka, meski telah purna bakti.

“Meski sudah usia senja ya, saya berharap lagu ciptaan saya diapresiasi beliau-beliau selaku Mabinas, Mabida dan Mabicab di Pramuka mudah-mudahan kita bisa duduk bersama,” ungkapnya. (Tito Rohmatulloh/BandungKita.id)

 

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Komentar