by

Resmi! Amerika Serikat Keluar WHO, Donald Trump: WHO Adalah Boneka China

BandungKita.id, INTERNASIONAL – Presiden Donald Trump secara resmi menarik Amerika Serikat keluar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hal itu diketahui setelah AS memberitahu Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Selasa (7/7).

Dikutip BandungKita.id dari AFP, seorang juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan AS telah memberitahu PBB bahwa mereka resmi keluar dari WHO efektif pada 6 Juli 2021.

Senator Robert Menendez dari Komite Hubungan Luar Negeri mengonfirmasi lewat Twitter. “Kongres menerima pemberitahuan bahwa POTUS secara resmi menarik AS dari WHO di tengah pandemi.”

BACA JUGA :

Kasus Covid-19 Terus Meningkat, WHO Minta Negara Lockdown Lagi

WHO : Corona Tak Menular Lewat Udara, Ini 5 Fakta tentang Covid-19 Menurut WHO

Amerika Serikat Mulai Uji Coba Vaksin Anti Virus Corona, Bagaimana Hasilnya?

Juru Bicara Sekretaris Jenderal PBB António Guterres mengaku telah menerima pemberitahuan itu dan sedang melakukan verifikasi bersama WHO apakah semua syarat penarikan telah dipenuhi oleh AS.

Ketentuan itu termasuk memberikan pemberitahuan satu tahun dan memenuhi kewajiban keuangan.

Trump berulang kali menuding organisasi itu bias terhadap China, negara tempat virus corona pertama kali terdeteksi dan menyebar.

Trump menganggap WHO tidak serius menanggapi wabah corona di China hingga akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Trump bahkan menyebut WHO sebagai boneka China karena dinilai terus membela Negeri Tirai Bambu. (*)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment