by

Baim Wong Sedekah Dijadikan Konten Youtube, Begini Hukumnya Kata Ustadz Abdul Somad

BandungKita.id, KAJIAN ISLAM – Banyak Youtuber kini memang tengah membuat konten-konten kemanusiaan dan membantu orang yang kesulitan.

Dikutip BandungKita.id dari Youtube Aswaja TV dan Ustaz Abdul Somad Official, salah seorang netizen bertanya mengenai hukum sedekah yang dijadikan konten Youtube seperti yang beberapa kali dilakukan Baim Wong.

“Pertanyaan pertama dari ibu Sastri di Bengkulu. Bagaimana ustaz menanggapi fenomena Youtuber yang bersedekah membantu orang lain dan dijadikan konten,” baca Ustaz Abdul Somad.

Ditanya seperti itu, Ustaz Abdul Somad atau yang akrab disapa UAS ini pun menjelaskan soal bedanya muamalah atau interaksi sosial kepada masyarakat dan ibadah.

Interaksi sosial kepada masyarakat dalam Islam, dijelaskan oleh Ustaz Abdul Somad ini hukumnya adalah boleh.

BACA JUGA :

Nikita Mirzani Ungkap Baim Wong Sebenarnya Pelit, Sifat Dermawan Hanya Pencitraan?

Sering Bagi-bagi Rezeki, Ternyata di Sini Sumber Penghasilan Baim dan Paula

Rame Corona Virus, Ustadz Abdul Somad Bagikan Amalan ini!

“Hukum dasar muamalah atau interaksi sosial dalam Islam, hukum dasarnya adalah ibahah atau mubah alias boleh,” papar Ustaz Abdul Somad.

Akan tetapi, aksi tersebut bisa dikatakan haram jika ada unsur penipuan. Sang Ustaz pun memberikan contoh soal penipuan dalam hal konten Youtube.

“Kapan dia menjadi haram? Yakni ketika ada unsur tipunya. Misalnya dibuat konten menolong orang, dikumpulkan uang orang banyak, tidak ada transparansi. Kita tidak tahu uang itu pergi kemana,” tutur Ustaz Abdul Somad.

Karena menurut UAS yang berhak mengumpulkan uang orang banyak, hanyalah lembaga yang dapat izin pemerintah.

“Di Indonesia ada undang-undang yang bisa mengelola uang masyarakat, dan itu adalah lembaga yang diizinkan pemerintah saja. Tapi kalau tidak ada (penipuan), maka ini motivasi kepada kita bagi umat,” tutur Ustaz Abdul Somad.

Lantas, Ustaz Abdul Somad pun menyebut haruskah mendukung Youtuber yang isinya membantu masyarakat yang membutuhkan?

“Kalau ada Youtuber yang baik, isinya membantu masyarakat, kemudian tidak ada unsur tipu, tidak ada unsur menganiaya orang lain. Harus didukung, karena dalam Al Quran ada kalimat ta’awanu alal birri wat taqwa wala ta’awanu alal itsmi wal udwan. Tolong menolonglah kamu dalam kebaikan dan taqwa dan jangan tolong menolong dalam permusuhan dan dosa,”

“Demikian wallahu a’lam,” tandas Ustaz Abdul Somad(*)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment