by

Hujan dan Angin Kencang Terjang Cimahi, Reklame Roboh, Pohon Tumbang, dan Atap Rumah Terbang

BandungKita.id, CIMAHI – Wilayah Kota Cimahi dilanda hujan deras disertai angin kencang, akibatnya sejumlah pohon dan papan reklame roboh di beberapa titik. Bahkan, sejumlah rumah atap rumah warga mengalami kerusakan. peristiwa ini terjadi pada Rabu sore, 12 Agustus 2020.

Beruntung, Sejumlah petugas dari Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kota Cimahi, BPBD Kota Cimahi, dan Polres Cimahi segera melakukan tindakan cepat tanggap. Pasalnya, peristiwa tersebut sempat membuat ruas jalan disergap kemacetan, namun akhirnya berhasil diurai.

Cimahi dan sekitarnya telah diguyur hujan deras sejak pukul 15.00 WIB. Hujan pun membuat sejumlah ruas jalan di Cimahi dan sekitarnya dikepung banjir kiriman sungai cileuncang.

Sebuah reklame dengan rangka besi berukuran 3 X 7 meter menimpa sebuah mobil tepat di depan RS Kasih Bunda, Jalan Mahar Martanegara Kota Cimahi.

Dengan dibantu warga, petugas Pemadam Kebakaran Kota Cimahi langsung melakukan evakuasi dengan memotong rangka besi yang patah menggunakan las listrik.

BACA JUGA :

Akibat Hujan Deras disertai Angin, Longsor, Pohon Tumbang dan Banjir, Terjang Beberapa Daerah ini. BPBD: “KBB Berstatus Siaga”

Antisipasi Kecelakaan Akibat Hujan Disertai Angin Kencang, Oded Perintahkan DPKP3 Periksa Pohon dan Reklame

Jaga Daya Tahan Tubuh Kamu di Musim Hujan dengan 3 Vitamin Ini

Seorang warga bernama Saputra (30) mengatakan, reklame di depan RS Kasih Bunda tiba-tiba ambruk, lalu menimpa mobil pengunjung RS yang terparkir di bawahnya.

“Saya lagi nunggu keluarga berobat, kebetulan diam di luar. Saat itu, kondisi angin sangat kencang dan hujan cukup deras dan ternyata tiba-tiba reklamenya roboh. Mungkin besinya berkarat, jadi mudah patah. Menimpa mobil, tapi sedikit kerusakannya,” paparnya.

Sementara itu, pohon tumbang terjadi di 6 titik yang tersebar di Kota Cimahi, yakni di Melong, Ciseupan, Baros, Cireundeu, Cibogo, dan Utama.

Pohon tumbang akibat hembusan angin kecang dan hujan deras di Kota Cimahi, Rabu (12/8/2020). (istimewa)

“Pohon tumbang terjadi di 6 titik, rata-rata menimpa serambi rumah. Ada juga rumah yang atapnya terbang karena angin sangat kencang,” terang Kepala BPBD Kota Cimahi, Asep Bahtiar seperti dikutip BandungKita.id dari Galamedia, Rabu (12/8/2020).

Pihaknya langsung menurunkan petugas, melakukan evakuasi pohon yang tumbang, kemudian melakukan assesment.

“Kami sudah memberikan bantuan terpal, untuk menutup sementara atap yang rusak. Selain itu, kita juga turun langsung membantu petugas Damkar, dan juga Tagana,” tandasnya. (*)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment